Mengenal Istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, Dan Pertidaksamaan

Dalam matematika khususnya dalam aljabar dikenal beberapa istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, dan Pertidaksamaan. Apakah anda tahu apa artinya keempat istilah tersebut dalam Matematika.

Sebelum kita mengulas terkena keempat istilah tersebut. Sebaiknya kita pahami terlebih lampau beberapa istilah yang nantinya berkaitan dengan keempat istilah tersebut.

  • Pernyataan ialah kalimat yang sanggup ditentukan benar atau salahnya
  • Kalimat terbuka ialah kalimat yang belum diketahui nilai kebenarannya (benar atau salah)
  • Variabel ialah lambang atau pengganti variabel suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dalam kalimat terbuka. Peubah atau variabel yang ada pada kalimat terbuka sanggup diganti oleh sembarang anggota dari himpunan semesta sehingga menjadi kalimat benar atau salah.
  • Konstanta ialah bilangan yang sanggup mengganti variabel.


Kesamaan

Kesamaan berasal dari kata "sama" yang berarti serupa (halnya, keadaannya, dan sebagainya), tidak tidak sama, tidak berlainan. Kemudian menerima awalan ke- dan akhiran -an. Dalam KKBI "Kesamaan" mempunyai arti perihal sama. Sedangkan kesamaan dalam matematika ialah kalimat pernyataan yang mempunyai tanda hubung sama dengan (=). Berikut ialah teladan kesamaan dalam matematika.
misal 1
9 x 3 = 20 + 7
misal 2
25 : 5 = 10 -5
misal 3
6 + 7 = 10 + 3

Persamaan

Persamaan mempunyai arti perihal mempersamakan (tingginya, tingkatnya, dan sebagainya) atau keadaan yg sama atau yg serupa dengan yg lain. Sedangkan dalam Matematika persamaan mempunyai makna kalimat terbuka yang mempunyai tanda hubung sama dengan (=). Berikut ialah teladan dari persamaan
misal 1
3a = 4
misal 2
p + 7 = 6
misal 3
x - 5y = 2

Dari teladan di atas kita sanggup melihat bahwa dalam persamaan terdapat variabel sedangkan pada kesamaan tidak terdapat variabel.

Ketidaksamaan 

Ketidaksamaan ialah kalimat pernyataan yang menyatakan korelasi tidak sama. Tanda hubung tidak sama
< dibaca “kurang dari”
> dibaca “lebih dari”
≤ dibaca “kurang dari atau sama dengan”
≥ dibaca “lebih dari atau sama dengan”
≠ dibaca “tidak sama dengan”
misal ketidaksamaan.
misal 1
2 kurang dari 6 ditulis 2 < 6
misal 2
5 lebih dari 1 ditulis 5 > 1
misal 3
3 < 5 dan 5 < 7 ditulis 3 < 5 < 7

Pertidaksamaan

Pertidaksamaan ialah kalimat terbuka yang menyatakan korelasi ketidaksamaan atau kalimat/pernyataan matematika yang mengatakan perbandingan ukuran dua objek atau lebih. misal pertidaksamaan
misal 1
x < 4
misal 2
p - 3 > 7
misal 3
x + y > 3

Nah, agar klarifikasi di atas sanggup memmenolong anda memahami istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, dan Pertidaksamaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, Dan Pertidaksamaan"

Posting Komentar