Kata Kerja Operasional /Kko ( Ketrampilan ) Pada Training Pembuatan Rpp Kurikulum 2013 Revisi

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)  KETRAMPILAN
Untuk mempergampang penyusunan Indikator  Pencapaian Hasil Belajar  dan Indikator Soal
Pada Petes Kurikulum 2013 Revisi


Menirukan P1
Memanipulasi P2

Pengalamiahan P3
Artikulasi P4

Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Memmembersihkankan
Memposisikan
Mengonstruksi
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur

Mengalihkan
Merubahkan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus

Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Mensketsa
Melonggarkan
Menimbang



Taksonomi Psikomotor Dave
P1
Imitasi
P2
Manipulasi
P3
Presisi
P4
Artikulasi
P5
Naturalisasi
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
mematuhi
Kembali menciptakan
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan

Menunjukan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan

Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Mengintegrasikan
Meng-adaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
Mendesain
Menentukan
Mengelola

Meniru

Menciptakan kembali
Menunjukan
Mengimplementasikan

Mendemonstrasikan
Mengontrol

Mengkonstruksikan
Memecahkan
Mengkombinasikan
Mengkoordinasikan
Memformulasi
Merancang
Menspesifikasi



Domain Psikomotor “Dave”

Kategori
Deskripsi Perilaku
misal Aktivitas yang diukur
Kata Kerja
1
Imitasi (Imitation)
Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi
Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya: acara proses.
Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi,
2
Manipulasi (Manipulation)
Mereproduksi acara dari pelatih atau ingatannya
Melakukan kiprah dari instruksi tertulis atau verbal
Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan, mengimplementasikan
3
Presisi (Precision)
Melakukan keterampilan tanpa menolongan orang lain
Mempertunjukkan keahlian melaksanakan kiprah atau acara tanpa menolongan atau instruksi, bisa mengatakan acara pada siswa lain.
Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.
4
Artikulasi (Articulation)
Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian
Mengaitkan dan mengkombinasikan acara untuk membuatkan metoda
Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi
5
Naturalisasi (Naturalization)
Melkukan acara secara terkait dengan tingkat keterampilan yang sudah dimiliki
Mendefinisika tujuan, pendekatan dan seni administrasi untuk melaksanakan acara untuk keperluan
Merancang, menspesifkasi, mengelola,






Domain Psikomotor Simpson
No.
Kategori
Penjelasan
Kata Kerja Kunci
1.
Persepsi
Kemampuan memakai saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu
misal: menurunkan suhu AC ketika merasa suhu ruangan gerah
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.
2.
Kesiapan
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.
misal: melaksanakan pekerjaan sesuai urutan, mendapatkan kelebihan dan belum sempurnanya seseorang.
Memulai, mengawali, memprakarsai, memmenolong, memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
3.
Reaksi yang diarahkan”
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan menolongan / bimbingan dengan menggandakan dan tes kemampuan dan pemahaman.
misal: Mengikuti kode dari instruktur.
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan, menciptakan, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.
4.
Reaksi natural (mekanisme)
Kemampuan untuk melaksanakan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang lebih susah. Melalui tahap ini diperlukan siswa akan terbiasa melaksanakan kiprah rutinnya.
misal: memakai computer
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.
5.
Reaksi yang kompleks
Kemampuan untuk melaksanakan keahliannya dalam melaksanakan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu.
misal: Keahlian bermain piano
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
6.
Adaptasi
Kemampuan membuatkan keahlian, dan memodifikasi contoh sesuai dengan yang dbutuhkan, misal: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap insiden tak terduga tanpa merusak contoh yang ada
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi
7.
Kreativitas
Kemampuan untuk membuat contoh gres yang sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi problem dengan mengeksplorasi kreativitas diri.
misal: membuat formula baru, inovasi, produk baru
Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, menciptakan, menjadi pioneer

 (NDJ )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kata Kerja Operasional /Kko ( Ketrampilan ) Pada Training Pembuatan Rpp Kurikulum 2013 Revisi"

Posting Komentar