Kata Kerja Operasional /Kko ( Ketrampilan ) Pada Training Pembuatan Rpp Kurikulum 2013 Revisi
KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) KETRAMPILAN
Untuk mempergampang penyusunan Indikator Pencapaian Hasil Belajar dan Indikator Soal
Pada Petes Kurikulum 2013 Revisi
Menirukan P1 | Memanipulasi P2 | Pengalamiahan P3 | Artikulasi P4 | ||
Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Memmembersihkankan Memposisikan Mengonstruksi | Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur | Mengalihkan Merubahkan Memutar Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus | Mengalihkan Mempertajam Membentuk Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Mensketsa Melonggarkan Menimbang |
Taksonomi Psikomotor “Dave”
P1 Imitasi | P2 Manipulasi | P3 Presisi | P4 Artikulasi | P5 Naturalisasi |
Menyalin Mengikuti Mereplikasi Mengulangi mematuhi | Kembali menciptakan Membangun Melakukan Melaksanakan Menerapkan | Menunjukan Melengkapi Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan | Membangun Mengatasi Menggabungkan Mengintegrasikan Meng-adaptasi Mengembangkan Merumuskan Memodifikasi | Mendesain Menentukan Mengelola |
Meniru | Menciptakan kembali Menunjukan Mengimplementasikan | Mendemonstrasikan Mengontrol | Mengkonstruksikan Memecahkan Mengkombinasikan Mengkoordinasikan Memformulasi | Merancang Menspesifikasi |
Domain Psikomotor “Dave” | ||||
Kategori | Deskripsi Perilaku | misal Aktivitas yang diukur | Kata Kerja | |
1 | Imitasi (Imitation) | Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi | Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya: acara proses. | Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi, |
2 | Manipulasi (Manipulation) | Mereproduksi acara dari pelatih atau ingatannya | Melakukan kiprah dari instruksi tertulis atau verbal | Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan, mengimplementasikan |
3 | Presisi (Precision) | Melakukan keterampilan tanpa menolongan orang lain | Mempertunjukkan keahlian melaksanakan kiprah atau acara tanpa menolongan atau instruksi, bisa mengatakan acara pada siswa lain. | Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol. |
4 | Artikulasi (Articulation) | Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian | Mengaitkan dan mengkombinasikan acara untuk membuatkan metoda | Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi |
5 | Naturalisasi (Naturalization) | Melkukan acara secara terkait dengan tingkat keterampilan yang sudah dimiliki | Mendefinisika tujuan, pendekatan dan seni administrasi untuk melaksanakan acara untuk keperluan | Merancang, menspesifkasi, mengelola, |
Domain Psikomotor “Simpson”
No. | Kategori | Penjelasan | Kata Kerja Kunci |
1. | Persepsi | Kemampuan memakai saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu misal: menurunkan suhu AC ketika merasa suhu ruangan gerah | Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi. |
2. | Kesiapan | Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu. misal: melaksanakan pekerjaan sesuai urutan, mendapatkan kelebihan dan belum sempurnanya seseorang. | Memulai, mengawali, memprakarsai, memmenolong, memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan |
3. | Reaksi yang diarahkan” | Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan menolongan / bimbingan dengan menggandakan dan tes kemampuan dan pemahaman. misal: Mengikuti kode dari instruktur. | Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan, menciptakan, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi. |
4. | Reaksi natural (mekanisme) | Kemampuan untuk melaksanakan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang lebih susah. Melalui tahap ini diperlukan siswa akan terbiasa melaksanakan kiprah rutinnya. misal: memakai computer | Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani. |
5. | Reaksi yang kompleks | Kemampuan untuk melaksanakan keahliannya dalam melaksanakan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu. misal: Keahlian bermain piano | Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur |
6. | Adaptasi | Kemampuan membuatkan keahlian, dan memodifikasi contoh sesuai dengan yang dbutuhkan, misal: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap insiden tak terduga tanpa merusak contoh yang ada | Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi |
7. | Kreativitas | Kemampuan untuk membuat contoh gres yang sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi problem dengan mengeksplorasi kreativitas diri. misal: membuat formula baru, inovasi, produk baru | Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, menciptakan, menjadi pioneer |
(NDJ )
0 Response to "Kata Kerja Operasional /Kko ( Ketrampilan ) Pada Training Pembuatan Rpp Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar