Kisi - Kisi Ujian Sekolah Sd Th.Pelajaran 2015/2016
JENJANG : SEKOLAH DASAR BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN JLH SOAL : 50 SOAL
KURIKULUM ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
NO | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KOMPETENSI DASAR YANG DIUJIKAN | KELAS / SEMESTER | MATERI POKOK/URAIAN MATERI | INDIKATOR SOAL | NO SOAL |
1 2 3 | 1. Allah tritunggal dan Karyanya,dan nilai-nilai kristiani 1. Menjelaskan bahwa insan berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus 1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh acara hidup manusia . Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh acara hidup manusia | Menjelaskan insan itu berdosa Mengakui keterbatasanya sebagai insan dan ketergantunganya pada kemahakuasaan Allah wujud tindakan insan yang Memahami sepenuhnya bergantung pada Allah 1.4 Mensyukuri kemahakuasaan Allah Menjelaskan bahwa insan itu berdosa Menunjukkan kerinduan untuk memohon ampun Menjelaskan bahwa Allah yakni penyelamat manusia 1.4.Menunjukkan perilaku sebagai orang yang sudah diselamatkan .1 Memahami dan menghayati makna ibadah 1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur 2.1 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah 2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur kepada Allah | IV/I IV/II IV/2 IV/2 V/ 1 V/ 1 V/2 V/2 VI/ 1 VI/1 VI /2 VI/2 | 1.1.1 kemahakuasaan Allah dalampenciptaan 1.Penciptaan Allah 2. Pemeliharaanalamsemesta 1.2.1.Muzizat TuhanYesus memdiberi makan 5000 orang 1.Mukjizat yang dilakukan Tuhan Yesus 1.2.2 Pengakuan terhadapkuasa Allah 1.Kuasa Allah melebihi kepandaian manusia 1.3.1.Konsep keteterbatasanmanusia 1. Musa di utusTuhan 2. Kisah di Mara 3.Manna danburungpuyuh 1.3.2Buktiketidakmampuanmanusiatanpapertolongan Allah 1. DengarpintakuTuhan (kisah Hanna) 1.4.1.misal-contoh syukurataskemahakuasaan Allah dalamberbagaikejadian 1. HatikumemujiTuhan 2. Akubersyukur Ketidaktaatan Kesombongan Ketidakjujuran Keserakahan Tindakan Allah terhadapdosa Tuhan maha pengasih dan maha pengampun Penyesalan dan undangan ampun Pertobatan sebagai hasil penyesalan Memiliki perilaku memaafkan Arti keselamatan Yesus sang juruselamat Yesus gembala yang baik Yesus pokok anggur yang benar Membangun korelasi dengan Allah Peduli terhadap sesama dan lingkungan 1. Mari diberibadah 2.Ibadah hariminggu di Gereja (2 Soal) 3. Nyanyiandandoadalamibadah (2 soal) 4. PemdiberitaanFirman di dalamibadah 5. Berbicarakepada Allah melaluidoa (1Soal) 6. Manfaat Membaca Alkitab 1. Pendengar dan pelaku Firman (2 soal) 2. Bekerjasebagaiungkapansyukur (2 soal) 3. Belajarsebagaiungkapansyukur (2 soal) 4. Gunakanlahwaktumu (2 soal) 1. Melayanidengan nrimo (2 soal) 2. Menolong orang yang kesusahan (2 soal) 3. Melayani sesuai dengan talentaku (2 soal) 4. Menjadimasyarakat yang baik (2 soal) 5. Akumelayani | Siswa dapat: 1. Menyebutkan urutan penciptaan 2. Menjelaskan tugas dan tanggung-jawaban insan terhadap ciptaanya 3. Menyebutkan cara Yesus memdiberi makan 5000 orang 4. Menunjukkan ciptaan dan ciptaan manusia 5. Menyebutkan yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir 6. Menjelaskan bagaimana Allah menyelamatkan bangsa Israel di Mara 7. Memilih dengan apa bangsa Israel di selamatkan dari kelaparan di padangGurun 8 . Meneladani perilaku Hanna dalam menanti jawabanan Doa kepada Tuhan 9 Memilihsikap yang baikdarisikap Hanna terhadapdoanya yang di kabulkanTuhan 10 Menyatakan pendapatnya terhadap sikapTuhanYesus yang menyembuhkan dua orang buta 11. Siswa sanggup sebut ketaatan Adam dan Hawa di taman Eden 12. Siswa sanggup mengambarkan akhir kesombongan orang-orang Babel dikala membangun menara di Sinear 13. Siswa sanggup mengatakan sikapYakub yang tidakdapat diteladani Siswadapat memilih salah satu ciri orang serakah Siswadapatmengingat kembali nama suami istri yang dihukumTuhan alasannya yakni membohongi Roh Kudus dikala menjual tanah miliknya Siswa sanggup merumuskan perilaku Allah terhadap insan berdosa pada umumnya Siswa sanggup menemukan hasil dari penyesalan atas dosa yang sudah dilakukan Siswa sanggup mengindentifikasi penyebab Yunus dimuntahkan ikan di pantai Siswa dapatmengindentifikasitindakan Yusuf terhadapsaudaranyaketikabertemu di Mesir Siswa sanggup member salah satu pola perilaku orang yang sudah diselamatkan di lingkungan sekolahnya Siswadapat merumuskan tujuan Yesus hadir kedunia Siswadapat sebut salah satu cirri gembala yang baik Siswa sanggup sebut sebutan orang percaya bila Yesus sebagai pokok anggur yang benar Siswa sanggup menerangkan manfaat doa dalam korelasi manusiadenganTuhan Siswa sanggup mengatakan tindakan yang tepat pada orang yang mengalami musibah 1. Menyebutkan defenisi ibadah 2. Menjelaskan alasan umat kristen diberibadah pada hari Minggu 3. Menjelaskan tujuan hadir ke gereja 4. Membedakan fungsi nyanyian pembukaan dengan nyanyian persiapan mendengarkan Firman 5. Menuliskan fungsi doa bagi orang Kristen 6. Menjelaskan manfaat pemdiberitaan Firman Allah dalam ibadah 7. Disajikan sebuah gambar (gbr anak bdoa) anak sanggup menuliskan perilaku berdoa yang baik dan benar kepada Tuhan 8. Menyebutkan manfaat membaca Bibel berdasarkan 2 Tim`3: 16 9. Menyebutkan makna menjadi pendengar dan pelaku Firman Tuhan 10. Menyebutkan perilaku seorang pendengar dan pelaku Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari 11. Menjelaskan bentuk ungkapan syukur sebagai anak Tuhan terhadap lingkungan sekitarmu (yg kotor) 12. Menyebutkan perilaku yang baik dan benar dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari sebagai anak Tuhan 13. Mengidentifikasi perilaku yang baik dan benar sebagai anak Tuhan dalam berguru berdasarkan pengamatan tabel (1) 14. Menyebutkan semboyan berguru sebagai ungkapan syukur 15. Menjelaskan makna hidup disiplin sebagai pelajar 16. Mengidentifikasi perilaku berguru dari tiruantberdasarkan pengamatan tabel (2) 17. Menjelaskan arti melayani dengan tulus 18. Menyebutkan salah satu pola melayani sesama dengan tulus 19. Menyebutkan jenis-jesnis kesusahan orang lain yang patut kita tolong sesuai dengan Matius 25: 35-35 20. Menjelaskan alasan bahwa orang Nasrani harus menolong sesama yang kesusahan 21. Mengidentifikasi jenis-jenis bakat yang didiberikan Tuhan kepada insan berdasarkan pengamatan tabel (3) 22. Menjelaskan alasan bakat yang kita miliki harus dikembangkan 23. Menyebutkan pola perilaku menjadi masyarakat yang baik dan benar di lingkungan daerah tinggal 24. Menjelaskan tanggung tanggapan orang Nasrani sebagai masyarakat negara yang baik berdasarkan Roma 13:1-2 25. disajikan sebuah gambar (gbr Mother Teresa) anak sanggup sebut nama tokoh dalam gambar | 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 |
Jakarta, ……………………… | |||||||
Mengetahui/ menyetujui : | Mengetahui/ menyetujui : | Penyusun Soal | |||||
PENGAWAS PAK | Kepala Sekolah | ||||||
.................................................. | .............................................. | ............................................... | |||||
NIP. | NIP. | NIP. |
0 Response to "Kisi - Kisi Ujian Sekolah Sd Th.Pelajaran 2015/2016"
Posting Komentar