Kisi - Kisi Ujian Sekolah Sd Th.Pelajaran 2015/2016



KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
JENJANG                                      :   SEKOLAH DASAR                                                                                                                                       BENTUK SOAL                  : PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN                  :  PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN                                                                                                            JLH SOAL                    : 50 SOAL
KURIKULUM  ACUAN             :   KTSP                                                                                                                                                                ALOKASI WAKTU           :  90 MENIT                                      
                                                                                                                                                         

NO
STANDAR KOMPETENSI  LULUSAN
KOMPETENSI DASAR  YANG DIUJIKAN
KELAS / SEMESTER
MATERI POKOK/URAIAN MATERI
INDIKATOR SOAL
NO
SOAL








1






























2














































3
1.    Allah tritunggal dan Karyanya,dan nilai-nilai kristiani


























1.    Menjelaskan bahwa insan berdosa tetapi diselamatkan  Allah melalui penebusan Yesus Kristus








































1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh acara hidup manusia


















. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh acara hidup manusia








Menjelaskan insan itu berdosa


Mengakui keterbatasanya sebagai insan dan ketergantunganya pada kemahakuasaan Allah


wujud tindakan insan yang Memahami sepenuhnya bergantung pada Allah





1.4 Mensyukuri kemahakuasaan Allah





Menjelaskan bahwa insan itu berdosa


















Menunjukkan kerinduan untuk memohon ampun





Menjelaskan bahwa Allah yakni penyelamat manusia






1.4.Menunjukkan perilaku sebagai orang yang sudah diselamatkan


.1   Memahami dan menghayati  makna ibadah






1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari  sebagai ungkapan syukur






2.1             Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah







2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai  ungkapan syukur kepada Allah


IV/I





IV/II









IV/2

IV/2











V/ 1










V/ 1













V/2














V/2

VI/ 1




















VI/1











VI /2














VI/2

1.1.1  kemahakuasaan Allah dalampenciptaan
1.Penciptaan Allah
2. Pemeliharaanalamsemesta

1.2.1.Muzizat TuhanYesus memdiberi makan 5000 orang
1.Mukjizat  yang dilakukan Tuhan Yesus
1.2.2 Pengakuan terhadapkuasa  Allah
1.Kuasa Allah melebihi kepandaian manusia



1.3.1.Konsep keteterbatasanmanusia
1. Musa di utusTuhan


2. Kisah di Mara

3.Manna danburungpuyuh


1.3.2Buktiketidakmampuanmanusiatanpapertolongan Allah
1. DengarpintakuTuhan   (kisah Hanna) 

1.4.1.misal-contoh syukurataskemahakuasaan Allah dalamberbagaikejadian
1. HatikumemujiTuhan


2. Akubersyukur




Ketidaktaatan


Kesombongan

Ketidakjujuran

Keserakahan

Tindakan Allah  terhadapdosa



Tuhan maha pengasih dan maha pengampun

Penyesalan dan undangan ampun


Pertobatan sebagai hasil penyesalan


Memiliki perilaku memaafkan


Arti keselamatan


Yesus sang juruselamat

Yesus gembala yang baik

Yesus pokok anggur yang benar

Membangun korelasi dengan Allah
Peduli terhadap sesama dan lingkungan



1. Mari diberibadah

2.Ibadah hariminggu di Gereja (2 Soal)


3. Nyanyiandandoadalamibadah (2 soal)


4. PemdiberitaanFirman di dalamibadah


5. Berbicarakepada Allah melaluidoa (1Soal)

6. Manfaat Membaca Alkitab






1. Pendengar dan pelaku Firman (2 soal)



2. Bekerjasebagaiungkapansyukur (2 soal)




3. Belajarsebagaiungkapansyukur (2 soal)      

           
4. Gunakanlahwaktumu (2 soal)






1.  Melayanidengan nrimo (2 soal)


2. Menolong orang yang kesusahan (2 soal)
3. Melayani sesuai dengan talentaku (2 soal)


4. Menjadimasyarakat yang baik (2 soal)











5. Akumelayani


Siswa dapat:
1.      Menyebutkan urutan penciptaan
2.      Menjelaskan  tugas dan tanggung-jawaban insan terhadap ciptaanya
3.      Menyebutkan cara Yesus memdiberi makan  5000 orang

  4.    Menunjukkan ciptaan dan ciptaan manusia


5.    Menyebutkan yang  memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir
6.   Menjelaskan bagaimana Allah menyelamatkan bangsa Israel di Mara
 7.  Memilih dengan apa bangsa Israel di selamatkan  dari kelaparan di padangGurun


8 .   Meneladani perilaku Hanna dalam menanti jawabanan Doa kepada Tuhan

9    Memilihsikap yang baikdarisikap Hanna terhadapdoanya yang di kabulkanTuhan


10  Menyatakan pendapatnya terhadap sikapTuhanYesus yang  menyembuhkan dua orang buta

11. Siswa sanggup sebut ketaatan Adam dan Hawa di taman Eden

12. Siswa sanggup mengambarkan akhir kesombongan orang-orang Babel dikala membangun menara di Sinear
13. Siswa sanggup mengatakan sikapYakub yang tidakdapat diteladani
Siswadapat memilih salah satu ciri orang serakah

Siswadapatmengingat kembali nama suami istri yang dihukumTuhan alasannya yakni membohongi Roh Kudus dikala menjual  tanah miliknya

Siswa sanggup merumuskan perilaku Allah terhadap insan berdosa pada umumnya

Siswa sanggup menemukan hasil dari penyesalan atas dosa yang sudah dilakukan

Siswa sanggup mengindentifikasi  penyebab Yunus dimuntahkan ikan di pantai

Siswa dapatmengindentifikasitindakan Yusuf terhadapsaudaranyaketikabertemu di Mesir

Siswa sanggup member salah satu pola perilaku orang yang sudah diselamatkan di lingkungan sekolahnya

Siswadapat merumuskan tujuan Yesus hadir kedunia

Siswadapat sebut salah  satu cirri gembala yang baik

Siswa sanggup sebut sebutan orang percaya bila Yesus sebagai pokok anggur yang benar
Siswa sanggup menerangkan  manfaat doa dalam korelasi manusiadenganTuhan
Siswa sanggup mengatakan tindakan  yang  tepat pada orang yang mengalami musibah

1.   Menyebutkan defenisi  ibadah
2.   Menjelaskan alasan umat kristen diberibadah pada hari Minggu
3.   Menjelaskan tujuan hadir ke gereja

4.   Membedakan fungsi nyanyian pembukaan dengan nyanyian persiapan mendengarkan Firman


5.   Menuliskan fungsi doa bagi orang Kristen

6.   Menjelaskan manfaat pemdiberitaan Firman Allah dalam ibadah

7.   Disajikan sebuah gambar (gbr anak bdoa) anak sanggup menuliskan perilaku berdoa yang baik dan benar kepada Tuhan

8.   Menyebutkan manfaat membaca Bibel berdasarkan 2 Tim`3: 16
9.   Menyebutkan makna menjadi pendengar dan pelaku Firman Tuhan
10.   Menyebutkan perilaku seorang pendengar dan pelaku Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari

11.  Menjelaskan bentuk ungkapan syukur sebagai anak Tuhan terhadap lingkungan sekitarmu (yg kotor)

12.  Menyebutkan perilaku yang baik dan benar dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari sebagai anak Tuhan

13.  Mengidentifikasi perilaku yang baik dan benar sebagai anak Tuhan dalam berguru berdasarkan pengamatan tabel (1)
14.  Menyebutkan semboyan berguru sebagai ungkapan syukur
15.  Menjelaskan makna hidup disiplin sebagai pelajar

16.  Mengidentifikasi perilaku berguru dari tiruantberdasarkan pengamatan tabel (2)
17.  Menjelaskan arti melayani dengan tulus
18.  Menyebutkan salah satu pola melayani sesama dengan tulus
19.  Menyebutkan jenis-jesnis kesusahan orang lain yang patut kita tolong sesuai dengan Matius 25: 35-35
20.  Menjelaskan alasan bahwa orang Nasrani harus menolong sesama yang kesusahan
21.  Mengidentifikasi jenis-jenis bakat yang didiberikan Tuhan kepada insan berdasarkan pengamatan tabel  (3)
22.  Menjelaskan alasan bakat yang kita miliki harus dikembangkan
23.  Menyebutkan pola perilaku menjadi masyarakat yang baik dan benar di lingkungan daerah tinggal

24.  Menjelaskan tanggung tanggapan orang Nasrani sebagai masyarakat negara yang baik berdasarkan Roma 13:1-2

25.  disajikan sebuah gambar (gbr Mother Teresa) anak sanggup sebut nama tokoh dalam gambar

1

2

3

4


5


6


7



8


9




10


11



12


13

14

15



16



17


18


19



20


21


22

23

24


25


26
27

28


29


30

31


32



33


34


35


36


37


38

39

40


41

42
43

44


45

46

47

48


49


50






Jakarta, ………………………
Mengetahui/ menyetujui :


Mengetahui/ menyetujui :

Penyusun Soal

PENGAWAS PAK


Kepala Sekolah




















..................................................

..............................................

...............................................
NIP.

NIP.

NIP.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi - Kisi Ujian Sekolah Sd Th.Pelajaran 2015/2016"

Posting Komentar