Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Klarifikasi Urutan Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi



Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Penjelasan Urutan Pembelajaran
Pada Kurikulum 2013 Revisi

Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Penjelasan Urutan Pembelajaran

Pada Kurikulum 2013 Revisi



Berdasarkan Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ,Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran, pengertian pembelajaran yakni proses interaksi antar pesertadidik, antara penerima didik dengan tenaga pendidik dan sumber mencar ilmu pada suatu lingkungan belajar. 



Untuk mencapai kualitas yang sudah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan pembelajaran perlu memakai prinsip sebagai diberikut:
1.    Peserta didik difasilitasi untuk mencaritahu;
2.    Peserta didik mencar ilmu dari banyak sekali sumber belajar;
3.    Proses pembelajaran memakai pendekatan ilmiah;
4.    Pembelajaran berbasis kompetensi;
5.    Pembelajaran terpadu;
6.    Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
7.    Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills;
8.    pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
9.    Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memdiberi keteladanan (ingngarso sung tulodo), membangun kemauan (ingmadyomangunkarso), dan membuatkan kreativitas penerima didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
10.  Pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
11.  Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya penerima didik; dan
12.  Suasana mencar ilmu sangat senang dan menantang

Tahapan dalam Pembelajaran :
1.     Tahap pertama dalam pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP),

2.      Tahap selanjutnya yakni Pelaksanaan pembelajaran.
Tahap pelaksanaan pembelajaran mencakup kegiatan penlampauan, inti dan penutup. Pada setiap tahap ada bebagai kegiatan yang harus dilakukan guru. Berikut yakni uraian kegiatan penlampauan, inti, dan penutup.

A. Kegiatan Penlampauan
Dalam kegiatan penlampauan, kegiatan guru adalah:
1.  Mengondisikan suasana mencar ilmu yang sangat bahagia;
2.  Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3.  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari;
4. Menyampaikan garis besar cakupan bahan dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5. Menyampaikan lingkup dan metode evaluasi yang akan digunakan.

B. Kegiatan Inti
Kegiatan inti ialah proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi, yang dilakukan secara:
Ø  interaktif, inspiratif, sangat bahagia, menantang, memotivasi penerima didik untuk berpartisi pasif aktif, serta mempersembahkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis pesertadidik.
Ø  Kegiatan inti memakai pendekatan yang diadaptasi dengan karakteristik mata pelajaran dan penerima didik.

C. Kegiatan Penutup
Kegiatan epilog terdiri atas:
1.    Kegiatan guru bersama penerima didik yaitu:
 (a) membuat rangkuman/ tamat pelajaran;
 (b) melaksanakan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
 (c) mempersembahkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.    Kegiatan guru yaitu:
(a) melaksanakan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, aktivitas pengayaan,
layanan konseling  dan/atau mempersembahkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu penerima didik; dan
 (c) memberikan planning pembelajaran pada pertemuan diberikutnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Klarifikasi Urutan Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi"

Posting Komentar