Rumus Luas Selimut Dan Volume Kerucut Terpancung

Kerucut ialah salah satu bab dari kelompok berdiri ruang sisi lengkung. Kerucut mrupakan berdiri ruang sisi lengkung yang mempunyai dua sisi yaitu sisi bantalan dan selimut. Pada artikel ini, kita akan dibahas terkena berdiri ruang yang mempunyai kekerabatan dengan kerucut yaitu luas selimut dan volume dari kerucut terpancung. Kerucut terpancung sendiri ialah kerucut tegak yang ujung atasnya dipotong. Jika kita amati maka bentuknya akan miri menyerupai bejana terbalik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar kerucut terpancung di bawah ini.

Sebelum kita, mengulas terkena luas selimut dan volume dari kerucut terpancung ada baiknya kita mengingat terlebih lampau terkena rumus luas selimut dan volume dari kerucut. Luas selimut, luas permukaan dan volume dari kerucut sanggup kita tentukan dengan rumus diberikut


melaluiataubersamaini:
r = jari-jari bantalan kerucut
t = tinggi kerucut
s = panjang garis pelukis kerucut
Selanjutnya kita akan mengulas terkena kerucut terpancung terkena luas selimut dan volume dari kerucut.Perhatikan gambar dibawah.

Gambar di atas ialah gambar dua buah kerucut yaitu kerucut besar dan kerucut kecil, Kerucut kecil ialah bagian/potongan dari kerucut besar, dimana kerucut besar mempunyai jari-jari R, panjang garis pelukis s dan tinggi t. Kerucut kecil mempunyai jari-jari r, panjang garis pelukis s dan tinggi t1 serta R > r. Dari gambar didapat
s = s1 + s2
t = t1 + t2
melaluiataubersamaini konsep kesebangunan pada segitiga didapat pula

melaluiataubersamaini memakai teorema pythagoras maka diperoleh s2 yaitu

Selanjutnya, kita akan ditentukan panjang s dan s1 dalam s2
Panjang s

Panjang s1






















Nah, diberikut ini ialah pembagian terstruktur mengenai dari rumus luas selimut kerucut terpancung


Sedangkan, untuk rumus volume kerucut terpancung diberikut ini ialah penjabaranya

Sehingga, sanggup disimpulkan jikalau terdapat kerucut terpancung dengan panjang jari-jari bantalan R, jari-jari atas r, tinggi t dan panjang garis pelukis s. Maka, kita sanggup memilih  luas selimut kerucut terpancung dan volume kerucut terpancung dengan rumus:

Demikianlah tadi terkena luas selimut dan volume kerucut terpancung, biar bermanfaa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Luas Selimut Dan Volume Kerucut Terpancung"

Posting Komentar