Buku Evaluasi Berorientasi Hots 2018/ 2019 Pdf (Higher Order Thinking Skills)
Buku evaluasi berorientasi HOTS 2018/ 2019 (Higher Order Thinking Skills) PDF menjadi tanggapan banyak sekali permasalahan diera globalisasi pada ketika kini ini, pengembangan pembelajaran pada penerima didik perlu mendapat perhatian khusus contohnya berorientasi pada keahlian, keterampilan, kreativitas berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan istilah Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang merupakan aktivitas pendidikan KEMDIKBUD melalui Ditjen GTK sebagai salah satu dalam upaya memajukan mutu kualitas proses pembelajaran serta meningkatkan daya saing kompetitif setiap lulusan jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Buku pegangan evaluasi Higer Order Thinking Skill ini merupakan pedoman bagi guru sebagai pendidik, kepala sekolah, pengawas, serta pihak-pihak yang terlibat didalam penyelenggaraan pendidikan Indonesia biar memiliki satu kesamaan pemahaman yang seiring sejalan dengan ketentuan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya berkaitan dengan evaluasi HOTS.
Melalui buku pegangan ini, pendidik juga dibutuhkan tidak akan menemui serta mengalami hambatan yang berarti dalam melakukan penerapannya. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui kordinasi dengan Direktorat Pendidikan Dasar telah berupaya seoptimal mungkin untuk memfasilitasi semua implementasi evaluasi berbasis HOTS, tetapi kesemuanya itu akan dikembalikan pada kesungguhan dalam menjalani serta, sikap, dan keterampilan kepala sekolah, pendidik, pengawas sekolah, dan juga Dinas Pendidikan terkait dalam mengimplementasikannya
Dalam hal ini, perubahan pola pikir (mindset) terkait dengan banyak sekali kemajuan dalam system evaluasi yang menjadi prasyaratan utama bagi suksesnya evaluasi HOTS ibarat teladan dibawah ini.
Contoh evaluasi praktik-1 (menggunakan rerata)
Kelas : IV
Tema/Subtema : 1 / 1
Pembelajaran : 6
Muatan Pelajaran : PJOK
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
Indikator : Melalui permainan benteng-bentengan, siswa bisa mempraktikkan banyak sekali variasi gerakan mualai dari dasar jalan dan variasi gerak dasar lari.
Contoh Rubrik Penilaian Materi Atletik (Berjalan dan Berlari)
Kriteria
Siswa sanggup mempratekkan teknik dasar atletik jalan dengan benar
1. Gerak langkah berjalan serasi
2. Ayunan lengan ketika berjalan serasi
3. Berjalan kearah yang ditentukan
4. Berjalan dengan cepat
Isilah rubrik tersebut dengan komponen terpenuhi maka penilaian:
4 : Jika 4 komponen terpenuhi
3 : Jika hanya 3 komponen terpenuhi
2 : Jika hanya 2 komponen terpenuhi
1 : Jika hanya 1 komponen terpenuhi
0 : Jika tidak ada komponen terpenuhi
Analisis kekerabatan evaluasi kinerja dengan proses pembelajaran HOTS
Untuk Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS silahkan download dibawah ini.
Download Buku Penilaian Berorientasi HOTS 2018/ 2019 PDF
Semoga bermanfaat.
Buku Penilaian Berorientasi HOTS 2018/ 2019 PDF (Higher Order Thinking Skills) |
Melalui buku pegangan ini, pendidik juga dibutuhkan tidak akan menemui serta mengalami hambatan yang berarti dalam melakukan penerapannya. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui kordinasi dengan Direktorat Pendidikan Dasar telah berupaya seoptimal mungkin untuk memfasilitasi semua implementasi evaluasi berbasis HOTS, tetapi kesemuanya itu akan dikembalikan pada kesungguhan dalam menjalani serta, sikap, dan keterampilan kepala sekolah, pendidik, pengawas sekolah, dan juga Dinas Pendidikan terkait dalam mengimplementasikannya
Dalam hal ini, perubahan pola pikir (mindset) terkait dengan banyak sekali kemajuan dalam system evaluasi yang menjadi prasyaratan utama bagi suksesnya evaluasi HOTS ibarat teladan dibawah ini.
Contoh evaluasi praktik-1 (menggunakan rerata)
Kelas : IV
Tema/Subtema : 1 / 1
Pembelajaran : 6
Muatan Pelajaran : PJOK
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
Indikator : Melalui permainan benteng-bentengan, siswa bisa mempraktikkan banyak sekali variasi gerakan mualai dari dasar jalan dan variasi gerak dasar lari.
Contoh Rubrik Penilaian Materi Atletik (Berjalan dan Berlari)
Kriteria
Siswa sanggup mempratekkan teknik dasar atletik jalan dengan benar
1. Gerak langkah berjalan serasi
2. Ayunan lengan ketika berjalan serasi
3. Berjalan kearah yang ditentukan
4. Berjalan dengan cepat
Isilah rubrik tersebut dengan komponen terpenuhi maka penilaian:
4 : Jika 4 komponen terpenuhi
3 : Jika hanya 3 komponen terpenuhi
2 : Jika hanya 2 komponen terpenuhi
1 : Jika hanya 1 komponen terpenuhi
0 : Jika tidak ada komponen terpenuhi
Analisis kekerabatan evaluasi kinerja dengan proses pembelajaran HOTS
Untuk Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS silahkan download dibawah ini.
Download Buku Penilaian Berorientasi HOTS 2018/ 2019 PDF
Semoga bermanfaat.
0 Response to "Buku Evaluasi Berorientasi Hots 2018/ 2019 Pdf (Higher Order Thinking Skills)"
Posting Komentar