Kata Kerja Operasional ( Pengetahuan ) Pada Training Pembuatan Rpp Kurikulum 2013 Revisi
 Kata Kerja Operasional (KKO) PENGETAHUAN
  Untuk mempergampang penyusunan Indikator  Pencapaian Hasil Belajar  dan Indikator Soal
  Pada Petes Kurikulum 2013 Revisi
 |  C    1 |  C2 |  C3 |  C4 |  C5 |  C6 | 
|  Mengingat(remember) |  Memahami(Understad) |  Mengaplikasikan (Apply) |  Menganalisis(Analyze) |  Mengevaluasi(Evaluate) |  Mencipta(Create) | 
|  Pengetahuan |  Pemahaman |  Penerapan |  Analisis |  Penilaian |  Sintesis | 
|  Mengutip  Menyebutkan  Menjelaskan  Menggambar  Membilang  Mengidentifikasi  Mendaftar  Menunjukkan  Memdiberi label  Memdiberiindeks  Memasangkan  Menamai  Menandai  Membaca  Menyadari  Menghafal  Meniru  Mencatat  Mengulang  Mereproduksi  Meninjau  Memilih  Menyatakan  Mempelajari  Mentabulasi  Memdiberi kode  Menelusuri  Menulis |  Memperkirakan  Menjelaskan  Mengkategorikan  Mencirikan  Merinci  Mengasosiasikan  Membandingkan  Menghitung  Mengkontraskan  Mengubah  Mempertahankan  Menguraikan  Menjalin  Membedakan  Mendiskusikan  Menggali  Mencontohkan  Menerangkan  Mengemukakan  Mempolakan  Memperluas  Menyimpulkan  Meramalkan  Merangkum  Menjabarkan |  Menugaskan  Mengurutkan  Menentukan  Menerapkan  Menyesuaikan  Mengkalkulasi  Memodifikasi  Mengklasifikasi  Menghitung  Membangun  Membiasakan  Mencegah  Menggambarkan  Menggunakan  Menilai  Melatih  Menggali  Mengemukakan  Mengadaptasi  Menyelidiki  Mengoperasikan  Mempersoalkan  Mengkonsepkan  Melaksanakan  Meramalkan  Memproduksi  Memproses  Mengaitkan  Menyusun  Mensimulasikan  Memecahkan  Mentabulasi |  Menganalisis  Mengaudit  Memecahkan  Menegaskan  Mendeteksi  Mendiagnosis  Menyeleksi  Merinci  Menominasikan  Mendiagramkan  Mengkorelasikan  Merasionalkan  Menguji  Mencerahkan  Menjelajah  Membagankan  Menyimpulkan  Menemukan  Menelaah  Meterbaikkan  Memerintahkan  Mengedit  Mengaitkan  Memilih  Mengukur  Melatih  Mentransfer |  Membandingkan  Menyimpulkan  Menilai  Mengarahkan  MengKoreksi  Menimbang  Memutuskan  Memisahkan  Memprediksi  Memperjelas  Menugaskan  Menafsirkan  Mempertahankan  Memerinci  Mengukur  Merangkum  Membuktikan  Memvalidasi  Mengetes  Mendukung  Memilih  Memproyeksikan |  Mengabstraksi  Mengatur  Menganimasi  Mengumpulkan  Mengkategorikan  Mengkode  Mengombinasikan  Menyusun  Mengarang  Membangun  Menanggulangi  Menghubungkan  Menciptakan  Mengkreasikan  Mengoreksi  Merancang  Merencanakan  Mendikte  Meningkatkan  Memperjelas  Memfasilitasi  Membentuk  Merumuskan  Menggeneralisasi  Menggabungkan  Memadukan  Membatas  Mereparasi  Menampilkan  Menyiapkan Memproduksi  Merangkum  Merekonstruksi | 
|  Memdiberi kode  Mengenali  Menempatkan  Menerbitkan |  Meng-inferensi  Melaporkan  Membandingkan  Memprediksi  Menafsirkan  Menampilkan  Menceritakan  Mengabstraksikan  Mengartikan  Mengelompokkan  Menggeneralisasi  Menggolongkan  Mengilustrasikan  Menginterpolasi  Menginterpretasi  Mengklasifikasi  Menterjemahkan |  Melakukan  Mengimplementasikan  Menjalankan  Mempraktikan  Memilih  Memulai  Menyelesaikan |  Memadukan  Membedakan  Mengstruktur  Memseriuskan  Menata  Menetapkan sifat/ciri  Mengatribusi  Mengorganisasi  Mengurai  Menyeleksi  Mengoreksi  Membangunkan |  Memonitor  Mengecek  Mengkoordinasikan  Menguji  Membenarkan  Menyalahkan |  Memunculkan  Menemukan  Menghasilkankarya  Mengingatkan  Mengkombinasikan  MengusulkanHipotesis  Memperbaharui  Menyempurnakan  Memperkuat  Memperindah  Mengubah  Membuat  Mengkonstruksi | 
|  Mendefinisikan  Mengetahui  Mengingat  Mengulangi  Menggarisbawahi |  Menunjukkan  Menyatakan  Mengidentifikasi  Mengungkapkan  Mengenal  Menyarankan  Meringkas |  Mengaplikasikan  Mengkonstruksi  Mendemonstrasikan  Mendramatisasi  Mengerjakan  Mencontohkan  Mengilustrasikan  Menginterpretasikan  Mengorganisasi  Memprediksi  Menjadwalkan  Membelanjakan  Mensketsakan  Menterjemahkan |  Mengapresiasi  Menghitung  Mengkategorikan  Membandingkan  Mengkontraskan  Mengkritisi  Mendebat  Menentukan  Mendiferensiasi  Mencobakan  Memeriksa  Menginventarisir  Menanyakan  Menghubungkan |  Mengapresiasi  Menaksir  Mengevaluasi  Meranking  Memperbaiki  Menskor |  Mengkoleksi  Mengkonstruksi  Memformulasikan  Mengelola  Mengorganisasi  Menemutunjukan  Mempersiapkan  Memproduksi  Mengajukan | 
|  No |  Kategori |  Penjelasan |  Kata Kerja Kunci | 
|  1. |  Pengetahuan |  Kemampuan sebut ataumenerangkan kembali  misal: menyatakan kebijakan |  Mendefinisikan, menyusun daftar, menamai, menyatakan,   mengidentifikasikan, mengetahui, sebut, membuat rerangka, menggaris   bawahi, menggambarkan, menjodohkan, memilih | 
|  2. |  Pemahaman |  Kemampuan memahami instruksi/masalah, menginterpretasikan dan menyatakan   kembali dengan kata-kata sendiri  misal : Menuliskan kembali atau merangkum bahan pelajaran  |  Menerangkan, menerangkan , menguraikan, membedakan, menginterpretasikan,   merumuskan, memperkirakan, meramalkan, menggeneralisir, menterjemahkan,   mengubah, memdiberi contoh, memperluas, menyatakan kembali, menganalogikan,   merangkum | 
|  3. |  Penerapan |  Kemampuan memakai konsep dalam praktek atau situasi yang baru  misal: Menggunakan pedoman/ hukum dalam menghitung penghasilan pegawai |  Menerapkan, mengubah, menghitung, melengkapi, menemukan. membuktikan,   menggunakan, mendemonstrasikan, memanipulasi, memodifikasi, menyesuaikan,   menunjukkan, mengoperasikan, menyiapkan, menyediakan, menghasilkan. | 
|  4. |  Analisa |  Kemampuan memisahkan konsep kedalam beberapa komponen untuk memperoleh   pemahaman yang lebih luas atas efek komponen-komponen terhadap konsep   tersebut secara utuh.  misal: Menganalisa penyebab meningkatnya Harga pokok penjualan dalam   laporan keuangan dengan memisahkan komponen- komponennya. |  Menganalisa, mendiskriminasikan, membuat skema /diagram, membedakan,   membandingkan, mengkontraskan, memisahkan, membagi, menghubungkan, mengambarkan   hubungan antara variabel, memilih, memecah menjadi beberapa bagian, menyisihkan,   memperperihalkan | 
|  5. |  Sintesa |  Kemampuan merangkai atau menyusun kembali komponenkomponen dalam rangka   membuat arti/pemahaman/ struktur baru.  misal: Menyusun kurikulum dengan mengintegrasikan pendapat dan bahan   dari beberapa sumber |  Mengkategorikan mengkombinasikan, mengatur memodifikasi, mendisain,   mengintegrasikan, mengorganisir, mengkompilasi, mengarang, menciptakan,   menyusun kembali, menulis kembali, merancang, merangkai, merevisi,   menghubungkan, merekonstruksi, menyimpulkan, mempolakan | 
|  6. |  Evaluasi |  Kemampuan mengevaluasi dan menilai sesuatu menurut norma, teladan atau   kriteria.  misal: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kunci jawabanan. |  Mengkaji ulang, membandingkan, menyimpulkan, mengKoreksi, mengkontraskan,   memperperihalkan menjustifikasi, mempertahankan, mengevaluasi, membuktikan,   memperhitungkan, menghasilkan, menyesuaikan, mengkoreksi, melengkapi,   menemukan | 
 Taksonomi BloomRevisi
 |  No |  Kategori |  Penjelasan |  Kata Kerja Kunci | 
|  1. |  Mengingat |  Kemampuan sebutkembali info /pengetahuan yang tersimpandalam   ingatan.   misal:sebut arti taksonomi. |  Mendefinisikan, menyusun daftar,menerangkan, mengingat,   mengenali,menemukan kembali, menyatakan,mengulang, mengurutkan,   menamai,menempatkan, sebut | 
|  2. |  Memahami |  Kemampuan memahamiinstruksi dan menegaskanpengertian/makna wangsit ataukonsep   yang sudah diajarkan baikdalam bentuk lisan, tertulis,maupun grafik/diagram  misal : Merangkum materiyang sudah diajarkan dengankata-kata sendiri |  Menerangkan, menerangkan,menterjemahkan, menguraikan,   mengartikan,menyatakan kembali, menafsirkan,menginterpretasikan,   mendiskusikan,menyeleksi, mendeteksi, melaporkan,menduga, mengelompokkan,   memdibericontoh, merangkum menganalogikan,mengubah, memperkirakan | 
|  3. |  Menerapkan |  Kemampuan melaksanakan sesuatudan mengaplikasikan konsepdalam situasi tertentu.     misal:Melakukan proses pembayaranpenghasilan sesuai dengan sistemberlaku. |  Memilih, menerapkan, melaksanakan,mengubah,   menggunakan,mendemonstrasikan, memodifikasi,menginterpretasikan,   menunjukkan,membuktikan, menggambarkan,mengoperasikan,   menjalankanmemprogramkan, mempraktekkan, memulai | 
|  4. |  Menganalisis |  Kemampuan memisahkankonsep kedalam beberapakomponen dan mnghubungkansatu   sama lain untukmemperoleh pemahaman ataskonsep tersebut secara utuh.  misal: Menganalisis penyebabmeningkatnya Harga pokokpenjualan dalam   laporankeuangan dengan memisahkankomponen- komponennya. |  Mengkaji ulang, membedakan,membandingkan, mengkontraskan,memisahkan,   menghubungkan, menunjukanhubungan antara variabel, memecah menjadibeberapa   bagian, menyisihkan, menduga,mempertimbangkan memperperihalkan,menata ulang,   mencirikan, mengubahstruktur, melaksanakan pengetesan,mengintegrasikan,   mengorganisir,mengkerangkakan. | 
|  5. |  Mengevaluasi/ menilai |  Kemampuan menetapkanderajat sesuatu berdasarkannorma, kriteria atau   patokantertentu  misal: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kuncijawabanan |  Mengkaji ulang, mempertahankan,menyeleksi, mempertahankan, mengevaluasi,mendukung,   menilai, menjustifikasi,mengecek, mengKoreksi, memprediksi,membenarkan,   menyalahkan | 
|  6. |  Mencipta |  Kemampuan memadukan unsur-unsurmenjadi sesuatu bentukbaru yang utuh dan   koheren,atau membuat sesuatu yangorisinil.   misal: Membuatkurikulum denganmengintegrasikan pendapat danmateri dari   beberapa sumber |  Merakit, merancang, menemukan,menciptakan, memperoleh,mengembangkan,   memformulasikan,membangun, membentuk, melengkapi,menciptakan, menyempurnakan,   melakukaninovasi, mendisain, menghasilkan karya | 
0 Response to "Kata Kerja Operasional ( Pengetahuan ) Pada Training Pembuatan Rpp Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar