Kisikisi Soal Ujian Sekolah Tahun 2013/2014 Sekolah Dasar
KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH TERTULIS
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
JENJANG : SEKOLAH DASAR BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN JLH SOAL : 50 SOAL
KURIKULUM ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
NO | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KOMPETENSI DASAR YANG DIUJIKAN | KELAS / SEMESTER | MATERI POKOK/URAIAN MATERI | INDIKATOR SOAL | NO SOAL |
1 2 3 | 1. Allah tritunggal dan Karyanya,dan nilai nilai kristiani 1. Menjelaskan bahwa insan berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus 1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh kegiatan hidup manusia . Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh kegiatan hidup manusia | Menjelaskan insan itu berdosa Mengakui keterbatasanya sebagai insan dan ketergantunganya pada kemahakuasaan Allah wujud tindakan insan yang Memahami sepenuhnya bergantung pada Allah 1.4 Mensyukuri kemahakuasaan Allah Menjelaskan bahwa insan itu berdosa Menunjukkan kerinduan untuk memohon ampun Menjelaskan bahwa Allah yaitu penyelamat manusia 1.4. Menunjukkan perilaku sebagai orang yang sudah diselamatkan .1 Memahami dan menghayati makna ibadah 1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur 2.1 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah 2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur kepada Allah | IV/I IV/II IV/2 IV/2 V/ 1 V/ 1 V/2 V/2 VI/ 1 VI/1 VI /2 VI/2 | 1.1.1 kemahakuasaan Allah dalam penciptaan 1.Penciptaan Allah 2. Pemeliharaan alam semesta 1.2.1.Mukjizat Tuhan Yesus memdiberi makan 5000 orang 1.Mukjizat yang dilakukan Tuhan Yesus 1.2.2.Pengakuan terhadap kuasa Allah 1. Kuasa Allah melebihi kepandaian manusia 1.3.1.Konsep keteterbatasan manusia 1. Musa di utusTuhan 2. Kisah di Mara 3.Manna dan burung puyuh 1.3.2 Bukti ketidakmampuan insan tanpa santunan Allah 1. Dengarpintaku Tuhan (kisah Hanna) 1.4.1.misal-contoh syukur atas kemahakuasaan Allah dalam aneka macam kejadian 1. Hatiku memuji Tuhan 2. Aku bersyukur Ketidaktaatan Kesombongan Ketidakjujuran Keserakahan Tindakan Allah terhadap dosa Tuhan maha pengasihi dan maha pengampun Penyesalan dan usul ampun Pertobatan sebagai hasil penyesalan Memiliki perilaku memaafkan Arti keselamatan Yesus sang juru selamat Yesus gembala yang baik Yesus pokok anggur yang benar Membangun hubungan dengan Allah Peduli terhadap sesama dan lingkungan 1. Mari diberibadah 2.Ibadah hari ahad di Gereja (2 Soal) 3. Nyanyian dan doa dalam ibadah (2 soal) 4. Pemdiberitaan Firman di dalam ibadah 5. Berbicara kepada Allah melalui doa (1 Soal) 6. Manfaat Membaca Alkitab 1. Pendengar dan pelaku Firman (2 soal) 2. Bekerja sebagai ungkapan syukur (2 soal) 3. Belajar sebagai ungkapan syukur (2 soal) 4. Gunakanlah waktumu (2 soal) 1.Melayani dengan nrimo (2 soal) 2. Menolong orang yang kesusahan (2 soal) 3. Melayani sesuai dengan talentaku (2 soal) 4. Menjadi masyarakat yang baik (2 soal) 5. Aku melayani | Siswa dapat: 1. Menyebutkan urutan penciptaan 2. Menjelaskan kiprah dan tanggung tanggapan insan terhadap ciptaannya 3. Menyebutkan cara Yesus memdiberi makan 5000 orang Membedakan Allah ciptaan dengan ciptaan manusia 5 Menyebutkan yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir 6 Menjelaskan bagaimana Allah menyelamatkan bangsa Israel di Mara 7 Memilih dengan apa bangsa Israel di selamatkan dari kelaparan di padang Gurun 8 Meladani perilaku Hanna dalam menanti jawabanan Doa kepada Tuhan 9 Memilih perilaku yang baik dari perilaku Hanna terhadap doanya yang di kabulkan Tuhan 10 Menyatakan pendapatnya terhadap perilaku Tuhan Yesus yang menyembuhkan dua orang buta 11. Siswa sanggup sebut ketaatan Adam dan Hawa di taman Eden Siswa sanggup mengambarkan akhir kesombongan orang-orang Babel saat membangun menara di Sinear Siswa sanggup mengatakan perilaku Yakub yang tidak sanggup diteladani Siswa sanggup memilih salah satu ciri orang serakah Siswa sanggup mengingat kembali nama suami istri yang dieksekusi Tuhan alasannya yaitu membohongi Roh Kudus saat menjual tanah miliknya Siswa sanggup merumuskan perilaku Allah terhadap insan berdosa pada umumnya Siswa sanggup menemukan hasil dari penyesalan atas dosa yang sudah dilakukan Siswa sanggup mengindentifikasi penyebab Yunus dimuntahkan ikan di pantai Siswa sanggup mengindentifikasi tindakan Yusuf terhadap saudaranya saat bertemu di Mesir Siswa sanggup memdiberi salah satu pola perilaku orang yang sudah diselamatkan di lingkungan sekolahnya Siswa sanggup merumuskan tujuan Yesus hadir ke dunia Siswa sanggup sebut salah satu ciri gembala yang baik Siswa sanggup sebut sebutan orang percaya bila Yesus sebagai pokok anggur yang benar Siswa sanggup mengambarkan manfaat doa dalam hubungan insan dengan Tuhan Siswa sanggup mengatakan tindakan yang sempurna pada orang yang mengalami musibah Menyebutkan defenisi ibadah 1. Menjelaskan alasan umat kristen diberibadah pada hari Minggu 2. Menjelaskan tujuan hadir ke gereja 3. Memahami fungsi nyanyian persiapan mendengarkan Firman 4. Mengingat kembali fungsi doa bagi orang Kristen 5. Menjelaskan manfaat pemdiberitaan Firman Allah dalam ibadah 6. 7. Menjelaskan perilaku berdoa yang baik dan benar kepada Tuhan 8. Menyebutkan manfaat membaca Injil berdasarkan 2 Tim`3: 16 9. Menyebutkan makna menjadi pendengar dan pelaku Firman Tuhan 10. Menyebutkan perilaku seorang pendengar dan pelaku Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari 11. Menjelaskan bentuk ungkapan syukur sebagai anak Tuhan terhadap lingkungan sekitarmu 12. Menyebutkan perilaku yang baik dan benar dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari sebagai anak Tuhan 13. Mengidentifikasi perilaku yang baik dan benar sebagai anak Tuhan dalam berguru . 14. Menyebutkan semboyan berguru sebagai ungkapan syukur 15. Menjelaskan makna hidup disiplin sebagai pelajar 16. Mengidentifikasi perilaku berguru dari tiruant berdasarkan pengamatan tabel (2) Menjelaskan arti melayani dengan tulus 17. Menyebutkan syarat-syarat menjadi pelayan Tuhan 18. 19. Mengidentifikasi jenis-jenis kesusahan orang lain yang patut kita tolong sesuai dengan Matius 25: 35-35 Menjelaskan alasan bahwa orang Nasrani harus menolong sesama yang kesusahan 20. Mengidentifikasi jenis-jenis bakat yang didiberikan Tuhan kepada insan berdasarkan pengamatan tabel 21. Menjelaskan alasan bakat yang kita miliki harus dikembangkan 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. Menyebutkan pola perilaku menjadi masyarakat yang baik dan benar di lingkungan daerah tinggal 32. Menjelaskan tanggung tanggapan orang Nasrani sebagai masyarakat negara yang baik berdasarkan Roma 13:1-2 33. Disajikan sebuah gambar (gbr Mother Teresa) anak sanggup sebut nama tokoh dalam gambar | 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 |
Jakarta, ……………………… | |||||||
Mengetahui/ menyetujui : | Mengetahui/ menyetujui : | Penyusun Soal | |||||
PENGAWAS PAK | Kepala Sekolah | ||||||
.................................................. | .............................................. | ............................................... | |||||
NIP. | NIP. | NIP. |
KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
JENJANG : SEKOLAH DASAR BENTUK SOAL : UNJUK KERJA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN JLH SOAL : 5 SOAL
KURIKULUM ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
NO | KOMPETENSI DASAR YANG DIUJIKAN | KELAS /SEMESTER | MATERI POKOK/URAIAN MATERI | INDIKATOR SOAL | SOAL |
1. | Mene rapkan bernyanyi dengan benar sebagai Pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah | VI / 2 | Mene rapkan bernyanyi dengan benar sebagai Pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah | Menyanyikan Lagu rohani “ Yesus Berpesan dalam malam G’lap dan lagu rohani pilihan yang sudah dikuasai dengan sempurna | Nyanyikanlah Lagu rohani “ Yesus Berpesan dalam Malam G’lap ( lagu sanggup diganti atas Kebijakan Guru ) dan lagu rohani pilihanmu yang sudah dikuasai dengan tepat! |
2. | Menjalin relasi yang Baik dengan Tuhan Allah | V/ 2 | Menjalin relasi yang Baik dengan Tuhan Allah | Mempraktekkan berdoa Bapa kami ibarat yang tertulis di dalam kitab Matius 6 : 9 - 13 | Ucapkanlah Doa Bapa Kami ibarat yang tertulis di dalam kitab Matius 6 : 9- 13 dengan posisi berdoa yang baik dan benar ! |
3. | Melakukan perintah Allah | IV/2 | 10 Hukum Tuhan | mengucapkan 10 Hukum Tuhan dengan sempurna . | Ucapkanlah 10 Hukum Tuhan dengan tepat! |
4. | Melakukan anutan Yesus Tentang mengasihi. | IV/2 | Hukum Kasih | mengucapkan Hukum Kasih yang diajarkan Tuhan Yesus dalam Matius 22 : 37 – 39 dan Hukum Kasih dengan sempurna | Ucapkanlah aturan kasih dengan sempurna ! |
5. | Beribadah diberibadah | VI/2 | Taat Beribadah | Mencari ayat Injil di dalam Perjanjian gres dan Perjanjian usang kemudian di baca dengan sempurna ( Kebikajan Guru ) | Carilah ayat Injil diberikut ini ! ( kebijakan Guru ) |
0 Response to "Kisikisi Soal Ujian Sekolah Tahun 2013/2014 Sekolah Dasar"
Posting Komentar