Rambu – Rambu Pemilihan Model Pembelajaran (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya) Dan Pola Penentuan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi
RAMBU – RAMBU PEMILIHAN MODEL PEMBELAJARAN
(Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya)
dan CONTOH PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
Pada kurikulum 2013 Revisi
1. Rambu-Rambu Pemilihan Model Penyingkapan/Penemuan
· * Pernyataan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 mengarah ke pencarian atau penemuan;
· * Pernyataan KD dari KI-3 lebih menitikberatkan pada pemahaman pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan dimungkinkan sampai metakognitif
· * Pernyataan KD dari KI-4 pada taksonomi mengolah dan menalar
2. Rambu-Rambu Pemilihan Model Hasil Karya (Pbl, Pjbl, Pbt)
• Pernyataan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 mengarah pada hasil karya berbentuk jasa atau produk;
• Pernyataan KD dari KI-3 pada bentuk pengetahuan metakognitif;
• Pernyataan KD dari KI-4 pada taksonomi menyaji dan mencipta, dan
• Pernyataan KD dari KI-3 dan KD daari KI-4 yang memerlukan persyaratan penguasaan pengetahuan konseptual dan prosedural.
3. misal Penentuan Model Pembelajaran
Kompetensi | Model Pembelajaran | Keterangan |
KD.3.2 Menerapkan pengetahuan pengelolaan info digital melalui memanfaatkan komunikasi daring (online). | Model Pembelajaran Discovery Learning | a. KD-3.2 menitikberatkan pada pemahaman pengetahuan konseptual dan prosedural. b.KD 4.2 Pernyataan KD-4 pada taksonomi keterampilan kongkret pada gradasi membiasakan gerakan atau manipulasi. |
KD.4.2 Menyajikan hasil penerapan pengelolaan info digital melalui komunikasi daring (online). |
0 Response to "Rambu – Rambu Pemilihan Model Pembelajaran (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya) Dan Pola Penentuan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi"
Posting Komentar