Rambu – Rambu Pemilihan Model Pembelajaran (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya) Dan Pola Penentuan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi




RAMBU – RAMBU PEMILIHAN MODEL PEMBELAJARAN
(Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya)
dan CONTOH PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
Pada kurikulum 2013 Revisi

1.  Rambu-Rambu Pemilihan Model  Penyingkapan/Penemuan
·                  * Pernyataan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 mengarah ke pencarian atau penemuan;
·                 * Pernyataan KD dari KI-3 lebih menitikberatkan pada pemahaman pengetahuan faktual,     
             konseptual, prosedural dan dimungkinkan  sampai metakognitif
·                 * Pernyataan KD dari KI-4 pada taksonomi mengolah dan menalar

2.    Rambu-Rambu Pemilihan Model Hasil Karya (Pbl, Pjbl, Pbt)
      Pernyataan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 mengarah pada hasil karya berbentuk jasa atau produk;
         Pernyataan KD dari KI-3 pada bentuk pengetahuan metakognitif;
         Pernyataan KD dari KI-4 pada taksonomi menyaji dan mencipta, dan
        Pernyataan KD dari KI-3 dan KD daari KI-4 yang memerlukan persyaratan penguasaan pengetahuan konseptual dan prosedural.

3. misal  Penentuan Model Pembelajaran
Kompetensi
Model Pembelajaran
Keterangan
KD.3.2   Menerapkan  pengetahuan pengelolaan info digital melalui memanfaatkan komunikasi daring (online).
Model Pembelajaran Discovery Learning
a. KD-3.2 menitikberatkan pada pemahaman  pengetahuan konseptual dan prosedural.
b.KD 4.2 Pernyataan KD-4 pada taksonomi keterampilan kongkret pada gradasi membiasakan gerakan atau manipulasi.
KD.4.2   Menyajikan hasil penerapan pengelolaan info digital melalui komunikasi daring (online).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rambu – Rambu Pemilihan Model Pembelajaran (Model Penyingkapan/Penemuan , Model Hasil Karya) Dan Pola Penentuan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi"

Posting Komentar