Silabus Sd Agama Kristen 1 2 3 4 5 6
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : I (Satu)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru |
KI 3 | : | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
KI 4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak diberiman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai ciptaan Allah 2.1 Bertanggung tanggapan terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah 3.1 Memahami dirinya sebagai ciptaan Allah 4.1 Menunjukkan sikap bertanggung tanggapan terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah | Allah Mengasihiku - Aku ciptaan yang istimewa | Mengamati · Menyimak cara memperkenalkan dirinya sendiri · Mengamati tubuhnya dengan tiruana anggota badan yang ada untuk mengenal nama, letak, dan perbedaan anggota badan yang dimilikinya dengan kawan-kawannya. Menanya · Menanyakan beberapa perbedaan antara dirinya dan kawannya yang mengatakan keistimewaan setiap penerima didik serta mengatakan kemaha-kuasaan Allah Mengeksplorasi · Menggali secara sederhana beberapa perbedaan, fungsi dan cara merawat anggota badan sebagai wujud ucapan syukur kepada Allah. · Menghubungkan banyak sekali anggota badan dengan fungsi yang dikehendaki Allah · Mengekspresikan kegunaan anggota tubuhnya dengan menggambar wajah tersenyum. Mengomunikasikan · Mengucapkan syukur dengan menyanyikan lagu bertemakan anggota badan untuk mengenal anggota tubuhnya. · Mengucapkan syukur melalui doa sederhana atas badan istimewa yang didiberikan Allah. | 1. Tes verbal perihal pengalaman penerima didik menggunakan anggota tubuhnya. 2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri anggota tubuhnya sebagai pemdiberian Allah. 3. Penugasan (menciptakan atau mengucapkan doa sederhana). | 5 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas I 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.2 Menerima dan mensyukuri beragam kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah 2.2 Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah 3.2 Memahami bermacam-macam kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah 4.2 Merawat anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah | Aku merawat tubuhku | Mengamati · Mengamati anggota tubuhnya yang digunakan dalam banyak sekali kegiatan. · Mengamati fungsi setiap anggota tubuhnya. Menanya · Menanyakan fungsi anggota badan yang sanggup diamati · Menanyakan cara merawat badan yang benar Mengeksplorasi · Mempraktikkan beberapa kegiatan yang melibatkan anggota tubuh · Mempraktikkan cara merawat anggota tubuh Mengasosiasi · Menghubungkan beberapa kegiatan yang mengatakan penerapan anggota badan dengan benar atau salah. · Membandingkan manfaat yang terjadi apabila merawat badan dengan baik dan akhir tidak merawat badan dengan baik. Mengomunikasikan · Melaporkan kegiatan penyesuaian yang dilakukan berkenaan dengan tindakannya merawat dan menggunakan anggota tubuhnya dengan benar di rumah | 1. Tes verbal tentang pengalaman peserta didik merawat tubuhnya. 2. Penilaian diri (self assessment) dalam merawat tubuhnya sebagai pemdiberian Allah. 3. Unjuk Kerja mempraktikkan kegiatan merawat anggota tubuhnya | 5 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas I 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.3 Menerima dan mensyukuri keberadaan keluarga dan kawan 2.3.1 Bersikap ikhlas dalam menyayangi keluarga dan kawan 2.3.2 Bersikap santun dalam hidup bersama dengan orang lain 3.3.1 Menceritakan cara menyayangi keluarga dan kawan 3.3.2 Menceritakan pengalaman hidup bersama dengan orang lain 4.3.1 Menunjukkan sikap menyayangi keluarga dan kawan 4.3.2 Menunjukkan cara yang santun dalam hidup bersama dengan orang lain. | Keluarga dan Orang Lain (Teman dan Guru) | Mengamati · Menyimak memperkenalkan dirinya sebagai bab dari keluarga · Mengamati bentuk tindakan guru dalam mendidik dirinya. Menanya · Menanyakan siapa saja anggota keluarga dan orang lain yang dekat dengannya. · Menanyakan dengan siapa saja berkawan dan alasan mereka berkawan. · Menanyakan cara menyayangi keluarga, mitra dan guru. Mengeksplorasi · Menceritakan dengan semangat tentang anggota keluarganya, contohnya dengan mengatakan foto keluarganya. · Mengeksplorasi diri dengan menceritakan beberapa kegiatan yang biasa dilakukan bersama keluarga di rumah. · Menggali ayat Bibel Kejadian 21:1-7 sehubungan dengan keluarga. · Mengeksplorasi banyak sekali kegiatan yang dilakukan bersama kawannya di rumah dan di sekolah. Mengasosiasi · Menghubungkan beberapa kisah keluarga dalam tokoh Bibel kemudian membandingkan kisah tersebut dengan pengalaman diri sendiri. · Menggambar wajah tersenyum atau cemberut pada gambar yang mengatakan beberapa kegiatan bersama dalam keluarga. · Menghubungkan kisah pelayanan Yesus sebagai guru dan mendaftarkan sikap bersyukur atas gurunya sebagai pemdiberian Allah. Mengomunikasikan · Menyanyikan dengan besar hati beberapa lagu yang bertemakan keluarga yang saling mengasihi, misalkan lagu “Kucinta K’luarga Tuhan,” “Allah menyayangi Keluarga,” atau “Tuhan Betapa Banyaknya.” · Mengekspresikan rasa terima kasih pada guru dengan membuat suatu karya sederhana di rumah contohnya doa, puisi, atau kartu ucapan terima kasih bagi guru dan menyerahkan kepada guru yang dimaksud. · Membuat laporan sederhana perihal kegiatan penyesuaian melaksanakan tindakan kasih kepada keluarga contohnya kegiatan selama seminggu. · Menuliskan dan mengucapkan doa sederhana untuk keluarga. · Membuat karya yang menunjukkan kasih akung kepada keluarga, kawan, dan guru contohnya berbentuk kartu ucapan dan gambar. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang pengalaman dirinya hidup dalam keluarga dan orang lain (kawan dan guru) 2. Penugasan: membuat karya yang mengatakan ucapan syukur atas keberadaan orang lain (keluarga, kawan, dan guru); membuat doa; membuat laporan sederhana tentang penyesuaian yang dilakukan di rumah yang dipandu oleh orangtua. 3. Penilaian diri (self assessment) terhadap kegiatan bersama dalam keluarga, dalam berkawan dan juga terhadap guru 4. Unjuk Kerja: mengekspresikan rasa terima kasih kepada mitra dan guru di sekolah. | 5 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas I 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.4 Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah 2.4 Menunjukkan tanggung jawaban dalam memelihara alam ciptaan Allah 3.4 Menyebutkan pola tanggung tanggapan dalam memelihara alam ciptaan Allah 4.4.1 Melakukan tindakan sederhana dalam memelihara alam ciptaan Allah 4.4.2 Menyanyikan lagu rohani bawah umur yang mengatakan ucapan syukur atas dirinya, keluarga, kawan, dan alam ciptaan Tuhan | Alam Ciptaan Allah | Mengamati · Mengamati alam sekitarnya untuk melihat keteraturan dan keindahan alam ciptaan Allah. · Mengamati adanya ketergantungan antara makhluk hidup dalam alam ciptaan Allah. · Mengamati pertumbuhan pada tumbuhan melalui kegiatan. Menanya · Menanyakan manfaat ciptaan Allah misalnya guaka binatang, tumbuhan dan benda-benda penerang di sekitarnya. · Menanyakan bentuk tanggung jawabannya terhadap pemeliharaan alam ciptaan Allah. Mengeksplorasi · Menggali pemahaman tentang manfaat alam ciptaan Allah bagi manusia. · Menggali pemahaman tentang saling ketergantungan alam ciptaan Allah. · Menggali pemahaman tentang alam ciptaan Allah berdasarkan Mazmur 8: 4-5. Mengasosiasi · Menghubungkan adanya saling ketergantungan antara makhluk hidup; apabila satu di antaranya tidak ada maka akan besar lengan berkuasa pada yang lain. · Mengekspresikan ucapan syukur pada indahnya alam ciptaan Allah melalui banyak sekali kegiatan atau dengan gambar wajah tersenyum. Mengomunikasikan · Melakukan beberapa tindakan memelihara ciptaan Allah sesuai kondisi. · Membuat laporan sederhana dari kegiatan penyesuaian diri. · Mengekspresikan ucapan syukur atas alam ciptaan Allah melalui nyanyian atau doa sederhana. | 1. Tes verbal tentang pengamatannya tentang keteraturan alam ciptaan Allah; pengamatan pada pertumbuhan tanaman. 2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri alam ciptaan Allah; dalam penugasan. 3. Penugasan pada penyesuaian keterlibatan dirinya memelihara ciptaan Allah di rumah dengan dipandu oleh orang tua; membuat doa sederhana. 4. Unjuk Kerja melaksanakan kegiatan menanam atau merawat tumbuhan di sekolah. | 6 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas I 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : II (Dua)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru |
KI 3 | : | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
KI 4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Meyakini kehadiran orangtua dan orang yang lebih renta sebagai wakil Allah di dunia. 2.1 Menunjukkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua 3.1.1 Memahami alasan menghormati orangtua dan yang lebih renta berdasarkan Alkitab. 3.1.2 Menceritakan wujud sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih renta berdasarkan pengalaman. 4.1 Mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua. | Allah Memeliharaku - Hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua | Mengamati · Menyimak dongeng tentang sikap hormat kepada orangtua melalui cerita Alkitab. · Mengamati banyak sekali kiprah orangtua di sekitarnya dan di keluarga masing-masing. · Mengamati kiprah sikap hormat kepada orangtua dan mereka yang lebih tua. Menanya · Menanyakan makna kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua. · Menanyakan wujud sikap yang harus dilakukan pada orangtua dan orang yang lebih tua. Mengeksplorasi · Mengeksplorasi pengalaman bersama dengan orangtua (sebagai pengantar bahwa penerima didik membutuhkan orangtua). · Mengeksplorasi ayat Bibel yang mengatakan sikap terhadap orangtua dan orang yang lebih tua. · Mengeksplorasi beberapa dongeng tentang kisah keluarga dalam Bibel dengan serius pada kehadiran orangtua sebagai wakil Allah di dunia. · Mengekplorasi beberapa contoh perbuatan menghormati orangtua dan orang yang lebih renta berdasarkan pengamatan dan pengalaman sendiri. · Mengidentifikasi siapa saja yang dianggap sebagai orangtua dalam hidupnya (di rumah, sekolah, gereja, lingkungan sekitar) dan menunjukan alasan mereka dianggap sebagai orangtua contohnya dengan mengisi tabel. Mengasosiasi · Menceritakan manfaat yang mereka rasakan dalam korelasi mereka yang dekat dengan orangtua dan orang yang lebih tua. · Mengucap syukur atas hadirnya orangtua dan orang yang lebih renta dalam memmenolong hidupnya yang dihubungkan dengan pesan Bibel tentang kiprah orangtua Mengomunikasikan · Mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih renta melalui kiprah penyesuaian dan membuat laporan sederhana. · Menyanyi lagu yang bertemakan menghormati orangtua dan orang yang lebih tua. · Membuat karya sebagai ungkapan syukur kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua. · Menuliskan dan mengucapkan doa sederhana untuk kehadiran orangtua. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang sikap terhadap orangtua dan yang lebih tua 2. Penilaian diri (self assessment) dalam kiprahnya mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan yang lebih renta yang dipandu oleh orangtua masing-masing di rumah 3. Penugasan pada penyesuaian keterlibatan dirinya mengatakan sikap hormat kepada orangtua dan yang lebih tua di rumah dengan dipandu oleh orangtua; membuat doa sederhana atau karya lainnya sebagai ungkapan syukur atas hadirnya orangtua dan orang yang lebih tua | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas II 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.2 Menerima dan mensyukuri keberadaan keluarganya sebagai pemdiberian Allah. 2.2 Menunjukkan perilaku bertanggung tanggapan dalam keluarga melalui tindakan sederhana. 3.2 Menyebutkan contoh tanggung tanggapan dalam keluarga. 4.2 Mempraktikkan tanggung tanggapan dalam keluarga melalui tindakan sederhana sesuai usia dan kemampuannya. | Keluarga Pemdiberian Allah | Mengamati · Mengamati banyak sekali pola tindakan yang mengatakan tanggung tanggapan anak dalam keluarga. · Menyimak dongeng guru tentang sikap mendapatkan keberadaan keluarga dan diri sendiri. · Menyimak dongeng Bibel perihal tanggung tanggapan anak dalam keluarga. Menanya · Menanyakan makna keluarga bagi dirinya. · Menanyakan bentuk tanggung tanggapan yang sanggup dilakukan di tengah-tengah keluarganya. Mengeksplorasi · Mengeksplorasi pola tanggung tanggapan anak dalam keluarga, dimulai dari hal-hal yang paling sederhana. · Mengeksplorasi di Alkitab tentang pola tanggung tanggapan anak dalam keluarga. · Menuliskan beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mengatakan tanggung tanggapan eksklusif dalam keluarga, contohnya membereskan peralatan sekolah, merapikan mainan, merapikan tempat pulas, dan lain-lain. · Mengeksplorasi berbagai perbuatan bertanggung tanggapan dalam keluarga sebagai penyesuaian sehari-hari. Mengasosiasi · Menghubungkan pesan Bibel tentang keluarga dengan kehidupan keluarganya di rumah. · Menemukan pesan yang ada dalam lagu rohani yang bertemakan keluarga, bagi keluarga dan bagi diri sendiri. Mengomunikasikan · Mempraktikkan perbuatan bertanggung tanggapan dalam keluarga sebagai pembiasaan, mendaftarkan manfaat yang mereka rasakan dan membuat laporan sederhana. · Menyanyikan lagu bertemakan ucapan syukur atas keberadaan keluarga sebagai pemdiberian Allah, contohnya “Yesus Sayang Semua”. · Membuat doa sederhana meliputi ucapan syukur atas keluarga pemdiberian Allah bagi dirinya. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang keluarga dan tanggung tanggapan setiap anggota dalam keluarga; menganalisis pesan dalam sebuah lagu dengan tema keluarga 2. Penilaian diri (self assessment) dalam melaksanakan pola tindakan yang mengatakan tanggung tanggapan dalam keluarga 3. Penugasan pada penyesuaian keterlibatan dirinya dalam mengatakan tanggung tanggapan dalam keluarga melalui banyak sekali pola sederhana sesuai dengan usianya di rumah dengan dipandu oleh orang tua; membuat doa sederhana atau karya yang sanggup mengekspresikan pola tanggung tanggapan dalam keluarga 4. Unjuk kerja melaksanakan kegiatan yang mengatakan keluarga sebagai pemdiberian Allah | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa Pak Kelas II 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.3 Meyakini kerukunan di sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal sebagai wujud ketaatan pada Allah 2.3 Membiasakan menjaga kerukunan di sekolah dan lingkungan biar terjadi suasana hening dan serasi 3.3. Menceritakan cara menjaga kerukunan di sekolah dan lingkungan biar terjadi suasana hening dan serasi 4.3.1 Turut menjaga kerukunan agar terjadi suasana hening dan serasi di keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggal 4.3.2 Menerapkan hidup rukun di sekolah dan lingkungan biar terjadi suasana hening dan harmonis | - Hidup rukun di sekolah dan di lingkungan | Mengamati · Mengamati banyak sekali pola tindakan yang mengatakan hidup rukun di sekolah, rumah, dan di lingkungan sekitar. · Menyimak pengalaman kawannya dalam menjaga kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar. · Menyimak dongeng tentang hidup rukun dan tidak rukun di sekolah atau di lingkungan. · Menyimak dongeng tentang menjaga kerukunan dalam keluarga dan lingkungan berdasarkan dongeng Alkitab. Menanya · Menanyakan mengapa perlu menjaga kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar biar tercipta suasana hening dan harmonis. · Menanyakan kiprahnya dalam menjaga kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar biar tercipta suasana hening dan harmonis. Mengeksplorasi · Mengadakan banyak sekali permainan sederhana yang mengatakan kerukunan, contohnya permainan pesan berantai atau mewarnai satu gambar secara gotong royong dalam kelompok kecil, dimana setiap anggota kelompok berhak mewarnai sesuai dengan pilihan warna kesukaannya. · Mengeksplorasi pengalaman pribadinya dalam menjaga korelasi dengan kawan, bagaimana mereka saling mendapatkan pendapat, saling mengalah dan bersikap sabar. · Mengeksplorasi hidup rukun berdasarkan dongeng Alkitab. · Mendata beberapa perbuatan menjaga kerukunan di sekolah dan di lingkungan dan menyusunnya dalam tabel. · Mengeksplorasi keadaan kerukunan dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya, contohnya mitra belajar, mitra bermain di rumah, di lingkungan, atau di gereja. Mengasosiasi · Menganalisis sebuah dongeng sederhana dan menghubungkannya dengan pentingnya kerukunan. · Memdiberikan pola hidup rukun dihubungkan dengan pengalaman kehidupan sehari-hari. Mengomunikasikan · Menyanyikan lagu bertemakan kerukunan contohnya “Yesus Cinta Semua Anak,” “Rukun Cinta Satu Sama Lain,” dan “Hari Ini Kurasa Bahagia”. · Membuat kesepakatan sederhana di kelas sebagai perjuangan menjaga kerukunan di sekolah dan menempelkannya di kelas, contohnya “aku mau menghargai mitra yang sedang berbicara, saya mau menjaga ketenangan mencar ilmu di kelas,” dll. · Membuat laporan sederhana dari tindakan penyesuaian menjaga kerukunan dan manfaat yang diperoleh dengan dipandu oleh orang tua. · Membuat doa sederhana meliputi kerinduan untuk menjaga kerukunan. | 1. Tes verbal atau goresan pena tentang mengatakan sikap hidup rukun di sekolah dan di lingkungan 2. Penilaian diri (self assessment) dalam hal membuat dan menjaga kerukunan di sekolah dan di lingkungan 3. Penugasan ketika melaksanakan penyesuaian menjaga kerukunan di sekolah, keluarga, dan di lingkungan sekitar dengan dipandu oleh orang tua. 4. Hasil karya: membuat karya berupa doa atau laporan sederhana tentang pelaksanaan hidup rukun di sekolah, di rumah, dan di lingkungan dalam melaksanakan disiplin. 5. Unjuk kerja melaksanakan kegiatan menanam atau merawat tumbuhan di sekolah | 9 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas II 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.4 Meyakini disiplin sebagai wujud ketaatan pada Allah 2.4 Menunjukkan sikap disiplin di sekolah dan di lingkungan 3.4 Menyebutkan bentuk disiplin di sekolah dan di lingkungan 4.4.1 Menerapkan sikap disiplin di sekolah dan di lingkungan 4.4.2.Menyanyikan lagu rohani bawah umur yang mengatakan ucapan syukur pemeliharaan Allah pada dirinya, keluarganya, dan lingkungannya | - Disiplin di sekolah dan di lingkungan | Mengamati · Membaca bersama peraturan atau disiplin yang ada di sekolah. · Menyimak pengalaman pribadinya tentang menaati peraturan sekolah yang ada. · Menyimak pesan moral lagu-lagu bertemakan disiplin. Menanya · Menanyakan bentuk disiplin di sekolah dan di lingkungan. · Menanyakan kiprahnya dalam menerapkan disiplin di sekolah dan di lingkungan. · Menanyakan bentuk disiplin dalam peraturan sekolah. Mengeksplorasi · Mendiskusikan bentuk disiplin dalam peraturan sekolah, alasan peraturan tersebut dibuat, dan keuntungannya bagi penerima didik. · Mendata beberapa perbuatan disiplin di sekolah dan di lingkungannya dalam tabel. · Mendata kegiatan harian semenjak ia berdiri pagi hingga malam hari ia pulas, dengan mencantumkan waktu/jam ketika melaksanakan kegiatan tersebut dalam tabel. · Menggali perlunya disiplin dari Alkitab. Mengasosiasi · Menganalisis apa yang terjadi seandainya mereka tidak taat dan tidak tepat waktu dalam melaksanakan suatu kegiatan, contohnya terlambat bangun, tidak makan pagi, bermain terlalu lama, dll. Mengomunikasikan · Menyanyikan lagu bertemakan disiplin, contohnya “Kawanku ini hari Minggu,” “Oh Ibu dan Ayah Selamat Pagi, dll”. · Mempraktikkan perbuatan disiplin sebagai bentuk penyesuaian dan dimonitoring oleh orangtua dan guru melalui laporan sederhana. · Membuat komitmen dalam banyak sekali bentuk karya untuk hidup berdisiplin di sekolah dan di rumah. · Membuat doa sederhana meliputi kerinduan untuk hidup disiplin. | 1. Tes verbal dan goresan pena sehubungan dengan disiplin atau peraturan sekolah, serta disiplin di lingkungan 2. Penilaian diri (self assessment) dalam hal menerapkan disiplin sesuai peraturan sekolah, dan disiplin di lingkungan 3. Penugasan ketika melaksanakan penyesuaian melaksanakan disiplin di sekolah dan di lingkungan dengan dipandu oleh orangtua. 4. Hasil karya: membuat karya komitmen untuk melaksanakan disiplin 5. Unjuk kerja melaksanakan kegiatan disiplin di sekolah dan di lingkungan | 9 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas II 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : III (Tiga)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, guru dan tetangganya |
KI 3 | : | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
KI 4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mensyukuri kehadiran Allah melalui iklim dan gejala-gejala alam 2.1. Menunjukkan kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala alam 3.1 Menceritakan kehadiran Allah dalam iklim dan gejala-gejala alam 4.1 Menerapkan sikap kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala alam | Allah Mahakuasa - Kehadiran Allah melalui iklim dan tanda-tanda alam | | 1. Tes verbal dan tertulis terkena kehadiran Allah melalui iklim dan tanda-tanda alam. 2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri iklim dan tanda-tanda alam 3. Penugasan: membuat doa dan pembiasaan | 9 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas III 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas III 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.2 Mensyukuri kehadiran Allah melalui keberagaman tumbuhan dan fauna di sekitarnya 2.2 Menunjukkan tanggung tanggapan dalam memelihara tumbuhan dan fauna yang ada di sekitarnya 3.2 Menyebutkan contoh tanggung tanggapan dalam memelihara tumbuhan dan fauna di sekitarnya 4.2 Menunjukkan tanggung tanggapan dalam memelihara tumbuhan dan fauna di sekitarnya | - Kehadiran Allah melalui keberagaman tumbuhan dan fauna | Mengamati · Mengamati kehadiran Allah melalui keberagaman tumbuhan dan fauna yang ada di sekitarnya. · Mengamati keberagaman tumbuhan dan fauna di Indonesia terutama di lingkungan sekitarnya. Menanya · Menanyakan tanggung tanggapan insan dalam memelihara tumbuhan dan fauna di sekitarnya. · Menanyakan pola tanggung jawabannya dalam memelihara tumbuhan dan fauna. Mengeksplorasi · Mengumpulkan beberapa pola tumbuhan dan fauna yang ada di sekitarnya, kemudian menuliskan beberapa bukti kehadiran Allah melalui kehadiran tumbuhan dan fauna tersebut dalam tabel. · Menggali ayat-ayat Bibel yang menyatakan tanggung tanggapan insan untuk memelihara tumbuhan dan fauna. · Menceritakan pengalaman memelihara tumbuhan dan atau fauna di sekitarnya. Mengasosiasi · Bertanggung tanggapan memelihara ciptaan Allah biar tetap baik adanya ibarat tiruanla diciptakan. Mengomunikasikan · Menyanyikan lagu yang bertemakan kehadiran Allah melalui keberagaman tumbuhan dan fauna serta menuliskan makna atau pesan lagu tersebut. · Membuat karya sehubungan dengan merawat tumbuhan dan fauna. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang kehadiran Allah melalui keberagaman tumbuhan dan fauna. 2. Penilaian diri (self assessment) dalam merawat dan mensyukuri guaka tumbuhan dan fauna 3. Unjuk kerja ketika merawat tumbuhan atau binatang peliharaan. 4. Penugasan: membuat doa dan penyesuaian merawat atau memelihara tumbuhan dan fauna | 8 mg x 4 jp | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.3 Mensyukuri kehadiran Allah melalui keberadaan sesama manusia 2.3 Menunjukkan sikap saling menyayangi sesama manusia 3.3 Memahami alasan menyayangi sesama insan berdasarkan Alkitab 4.3 Mengasihi sesama insan ibarat diri sendiri | - Kehadiran Allah melalui keberadaan sesama manusia | Mengamati · Menyimak dongeng Bibel tentang kehadiran Allah dalam hidup manusia. · Menyimak dongeng beberapa tokoh Bibel yang mendapatkan tindakan kasih dari orang-orang di sekitarnya, contohnya kisah Rasul Paulus di Korintus melalui Akwila dan Priskila. Menanya · Menanyakan alasan menyayangi sesama manusia. Mengeksplorasi · Mendata orang-orang yang terlibat dalam hidupnya di rumah atau lingkungan tempat tinggal, di sekolah, di gereja atau di tengah masyarakat. · Mendata bentuk-bentuk kasih yang mereka terima dari kehadiran orang-orang di sekitarnya. · Menceritakan bentuk-bentuk tindakan kasih yang mereka terima melalui orang-orang di sekitarnya. · Mendiskusikan tindakan-tindakan sederhana sebagai wujud menyayangi sesama manusia. Mengasosiasi · Menghubungkan kasih Allah dengan kasih yang mereka terima melalui kehadiran orang-orang di sekitarnya. Mengomunikasikan · Menceritakan tindakan kasih yang diterima melalui orang-orang di sekitarnya. · Mempraktikkan beberapa tindakan kasih kepada orang-orang di sekitarnya sebagai kegiatan pembiasaan. | 1. Tes verbal dan tertulis terkena menyayangi sesama manusia 2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri keberadaan sesama 3. Penugasan: membuat doa dan penyesuaian menyayangi sesama manusia | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas III 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas III 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.4 Menerima dan mensyukuri kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa sebagai pemdiberian Allah 2.4.1 Menunjukkan sikap toleran terhadap orang lain dari banyak sekali budaya, suku, agama dan bangsa 2.4.2 Menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan sumbangan tanpa membeda-bedakan 3.4.1 Memahami bahwa keberagaman budaya, suku, dan bangsa ialah kekayaan yang dikaruniakan Allah pada manusia 3.4.2 Memahami bahwa setiap orang ialah sama di hadapan Allah 4.4.1 Bergaul dengan sesama dalam kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa 4.4.2 Menyanyikan lagu rohani bawah umur yang mengatakan ucapan syukur pada kepelbagaian budaya, suku, bangsa serta flora dan fauna | - Kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa | Mengamati · Menyimak dongeng Bibel terkena Orang Samaria yang Baik Hati. · Mengamati pola sikap toleran dan tolong-menolong di lingkungan sekitarnya. Menanya · Mendiskusikan mengapa sikap saling menolong dalam kehidupan bersama itu penting. Mengeksplorasi · Memperkenalkan budaya atau sukunya dengan mendaftarkan atau mengatakan ciri khas suku atau daerah, misalnya: pakaian adat, makanan khas, lagu daerah, dsb. · Mendata tentang keberagaman budaya, suku, agama dan bangsa yang ada di daerahnya. · Mendaftarkan pola sikap toleran dan perbuatan tolong menolong dalam hidup bersama dengan orang lain di lingkungan sekitarnya. Mengasosiasi · Menghubungkan keragaman ciptaan Tuhan dengan keberagaman budaya, suku, agama dan bangsa yang ada di daerahnya. · Menghubungkan kasih Allah dengan sikap saling menolong sesama. Mengomunikasikan · Menyanyikan lagu yang bertemakan Yesus menyayangi tiruana orang, contohnya lagu: “Yesus Cinta Semua Bangsa”, “Aku Gereja, Kamu pun Gereja”, “Bermacam-macam Anak di Seluruh Dunia”, dan menuliskan pesan lagu tersebut. · Mempraktikkan sikap toleran dan saling menolong dalam hidup bersama dengan orang lain di sekitarnya sebagai kegiatan pembiasaan. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang mengapa orang Samaria dikatakan baik hati, apa yang disampaikan oleh Yesus melalui perumpamaan ini. 2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa 3. Penugasan: membuat doa dan pembiasaan | 36 JP (9 x 4 JP) | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas III 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas III 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : IV (Empat)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, guru dan tetangganya |
KI 3 | : | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain |
KI 4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Menerima dan meyakini kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam 2.1 Memiliki kepedulian terhadap kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam di lingkungan sekitarnya 3.1 Memahami kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam 4.1 Menunjukkan sikap bersyukur dalam banyak sekali peristiwa kehidupan. | Kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali Peristiwa Alam | Mengamati · Menyimak kuasa Allah dalam hidup insan dengan membaca Mazmur 104:1-35. · Menyimak kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden melalui Kejadian 1:26-27, Kejadian 2:7 dan Matius 26:36-46. · Mengamati ciptaan Allah dan banyak sekali insiden alam di lingkungan sekitar misalnya: matahari yang bersinar, bintang, hujan turun, alam yang indah, dll. Menanya · Menanyakan bentuk-bentuk kepedulian terhadap kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam. Mengeksplorasi · Mendiskusikan kemahakuasaan Allah dalam membuat alam dan isinya berdasarkan pengalaman dan menyimak Mzm. 104: 1-35, Kisah Para Rasul 1: 6-8, dan Matius 26: 36-46. · Mengekplorasi pengalaman dalam menghadapi banyak sekali tanda-tanda dan insiden alam. Mengasosiasi · Menulis pesan moral lagu rohani dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali peristiwa. Mengomunikasikan · Membuat puisi atau dongeng singkat tentang kekagumannya pada kemahakuasaan Allah dalam hidupnya. · Menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan “kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali peristiwa”. · Menulis doa syukur atau semboyan yang bertemakan tentang “Allah Berkuasa.” | 1. Tes verbal dan tertulis terkena kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam 2. Membuat karya yang menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam 3. Penilaian diri (self assessment) dalam hal ucapan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden alam 4. Penugasan membuat doa | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas IV 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.2 Meyakini kemahakuasaan Allah dalam insiden rantai kehidupan manusia 2.2 Memiliki kepedulian dalam banyak sekali insiden rantai kehidupan insan di sekitarnya 3.2 Memahami kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden rantai kehidupan insan di sekitarnya 4.2 Menunjukkan sikap bersyukur dalam banyak sekali insiden rantai kehidupan insan di sekitarnya | Kemahakuasaan Allah dalam Berbagai Peristiwa Rantai Kehidupan Manusia | Mengamati · Menyimak dongeng tentang sikap mendapatkan keberadaan diri sebagai ciptaan Allah dan membandingkan dengan sikap diri sendiri. · Membaca Kejadian 1:26-27, Kejadian 2:7 dan Matius 26:36-46. Menanya · Menanyakan bentuk-bentuk kehadiran Allah dalam hidup manusia. · Menanyakan arti insan diciptakan berdasarkan gambar dan rupa Allah. Mengeksplorasi · Mengeksplorasi Bibel untuk mendata beberapa fakta tentang kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden rantai kehidupan manusia. · Menjelaskan bentuk kehadiran Allah dalam hidupnya berdasarkan Amsal 3:16-17. · Mengeksplorasi sikap diri sendiri terhadap penyakit kusta dan membandingkan sikap diri tersebut dengan insiden yang dialami Naaman, seorang panglima perang Aram serta mendata bukti kemahakuasaan Allah dalam kehidupan Naaman. Mengasosiasi · Menuliskan pengalaman ketika berulang tahun dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah atas hidup manusia. Mengomunikasikan · Menceritakan kemahakuasaan Allah dalam hidupnya dan orang lain dalam kelahiran, ulang tahun dsb, kemudian menceritakan (berpasangan maupun berkelompok) tentang pengalaman ketika berhasil atau pun gagal melaksanakan sesuatu. · Menuliskan ucapan syukur atas kehadiran Allah dalam bentuk doa dan menulis sebuah kesepakatan untuk menjadi anak yang selalu bersyukur. · Menuliskan satu pengalaman tentang sumbangan Allah dalam hidupnya. | 1. Tes verbal dan tertulis terkena kemahakuasaan Allah dalam banyak sekali insiden rantai kehidupan manusia. 2. Membuat karya yang menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam insiden rantai hidupnya 3. Penilaian diri (self assessment) dalam hal sumbangan Allah bagi hidupnya 4. Penugasan membuat goresan pena tentang sumbangan Allah | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas IV 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.3 Menerima dan mengakui keterbatasannya sebagai manusia 2.3 Memiliki sikap yang menunjukkan kesadaran atas keterbatasannya sebagai insan dalam kaitannya dengan kemahakuasaan Allah 3.3 Menceritakan keterbatasannya sebagai manusia 4.3 Membuat karya yang mengekpresikan keterbatasannya sebagai manusia | Menerima Keterbatasan Diri | Mengamati · Menyimak sebuah artikel tentang anak yang istimewa kemudian membandingkan dengan pengalaman pribadi. · Menyimak kisah nabi-nabi contohnya Nabi Mikha yang digunakan Allah untuk menegur bangsa Israel yang berdosa. Menanya · Menanyakan mengapa Allah menentukan dan menggunakan insan yang terbatas, ibarat Nabi Amos untuk menegur bangsa Israel. Mengeksplorasi · Menuliskan kelebihan dan belum sempurnanya eksklusif serta membandingkan dengan pengalaman Amos ketika dipanggil Allah untuk menegur bangsa Israel. · Mendata beberapa rencana mereka di masa depan dan menuliskan beberapa hal yang perlu mereka lakukan sehubungan dengan rencana tersebut. · Membuat kliping atau kolase yang menggambarkan keterbatasan insan dan bukti bahwa insan membutuhkan sumbangan Allah. Mengasosiasi · Mendaftarkan bukti kemahakuasaan Allah atas keterbatasan insan dihubungkan dengan pengalaman Mikha. · Menuliskan atau menceritakan teladan nabi-nabi yang patut dteladani, dihubungkan dengan tindakan yang bergantung pada kemahakuasaan Allah. Mengkomunikasikan · Mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran Allah melalui sebuah doa. · Menceritakan keterbatasan sebagai insan melalui sebuah goresan pena atau karya kreatif lainnya. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang keterbatasan insan dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah. 2. Membuat karya yang menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam insiden rantai hidupnya 3. Penilaian diri (self assessment) dalam hal mendapatkan keberadaan diri sendiri | 9 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas IV 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.4 Menerima dan mensyukuri kebergantungan manusia pada kemahakuasaan Allah 2.4.1 Menunjukkan sikap hidup bergantung pada kemahakuasaan Allah 2.4.2 Bersikap disiplin dan bertanggung tanggapan dalam mewujudkan cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah. 3.4.1 Menceritakan pengalaman kebergantungan insan pada kemahakuasaan Allah 3.4.2 Memahami cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah dalam hal disiplin dan bertanggung jawaban 3.4.3 Memahami kebergantungan insan pada kemahakuasaan Allah 4.4.1 Menerapkan sikap kebergantungan insan pada kemahakuasaan Allah 4.4.2 Mencontohkan sikap yang ialah wujud cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah. 4.4.3 Menyanyikan lagu rohani bawah umur yang mengatakan ketergantungan kepada Allah | Hidup bergantung pada kemahakuasaan Allah | Mengamati · Membaca kitab Ayub 1:1-22 hingga dengan Ayun 2:1-10. · menyimak pengalaman hidup Ayub, seorang tokoh Bibel yang hidup bergantung kepada Allah. · Membaca Markus 10:46-52 dan menyimak pengalaman seorang buta berjulukan Bartimeus yang disembuhkan oleh Yesus. · Membaca Kejadian 6:9 hingga dengan Kejadian 8:22 dan menyimak kisah hidup Nuh sekeluarga yang bersyukur atas keselamatan yang mereka terima dari Allah dalam insiden air bah. · Membaca Markus 4:35-41 dan menyimak pola kemahakuasaan Allah melalui tindakan Yesus yang meredakan angin ribut. · Menyimak kisah atau dongeng seorang penerima didik yang berdoa dan berusaha untuk menghadapi ujian. · Menyimak sikap hidup Nehemia serta perbuatannya yang mengatakan bagaimana Nehemia hidup berserah kepada Allah. Menanya · Merenungkan banyak sekali hal yang didiberikan Allah dalam hidupnya, orangtua, keluarga atau tiruana kebutuhan hidupnya yang dicukupi Allah. · Mendiskusikan alasan insan bergantung kepada Allah. · Menanyakan contoh-contoh tindakan nyata berserah kepada Allah. Mengeksplorasi · Mendata penderitaan yang dialami Ayub dan bagaimana Ayub tetap hidup bergantung kepada Allah. · Mendata pola perbuatan yang mencerminkan hidup bergantung kepada Allah. · Mendata bukti kebergantungan hidup insan kepada Allah dan menyimak makna lagu “Dia sanggup.” · Mendata beberapa alasan mereka bersyukur kepada Allah. · Membandingkan pengalaman para anakdidik dengan pengalaman diri sendiri dengan mendata bukti kebergantungannya pada sumbangan Allah. · Mendata bukti kebergantungan seorang anak kepada Allah serta perbuatan yang mengatakan kebergantungan kepada Allah. · Mendata beberapa bukti kebergantungannya kepada Allah serta menuliskan perbuatan yang mengatakan hidup berserah kepada Allah. · Mencari dan mendaftarkan contoh-contoh dongeng Bibel dari Injil Matius, Markus, Lukas atau Yohguas; yang menggambarkan kebergantungan insan kepada Allah. Mengasosiasi · Membuat goresan pena atau karya kreatif yang menyatakan kebergantungan kepada Allah dihubungkan dengan pengalaman eksklusif bergantung kepada Allah. · Mendaftarkan cara hidup bergantung kepada Allah yang dihubungkan dengan pengalaman hidup Nabi Nuh. · Menuliskan atau menceritakan pengalaman eksklusif atau orang lain yang dihubungkan dengan tindakan Allah sebagai Penolong atau Penyelamat. Mengomunikasikan · Menceritakan pengalaman mendapatkan sumbangan Allah dalam hidupnya. · menuliskan sebuah doa atau puisi yang menyatakan rasa syukur kepada Allah. · Mencontohkan sikap hidup bergantung kepada Allah melalui permainan drama. · Menunjukkan rasa syukur atas kebergantungan kepada Allah melalui sebuah karya, doa, puisi, gambar, karangan atau kesaksian. · Menyanyikan lagu rohani yang menyatakan kebergantungan kepada Allah dan menuliskan pesan lagu tersebut. | 1. Tes verbal dan tertulis tentang kebergantungan insan kepada Allah 2. Membuat karya yang menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam insiden rantai hidupnya 3. Unjuk kerja (bermain drama atau bermain peran) 4. Penilaian diri (self assessment) dalam hal hidup berserah | 9 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas IV 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : V (Lima)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, guru dan tetangganya serta cinta tanah air |
KI 3 | : | Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. |
KI 4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Menerima bahwa insan berdosa sehingga perlu bertobat 2.1 Menunjukkan sikap menolak cara hidup insan berdosa 3.1 Menjelaskan bahwa insan berdosa sehingga perlu bertobat 4.1 Mencontohkan perubahan cara hidup sebagai insan berdosa yang sudah bertobat | Manusia Berdosa perlu Bertobat | Mengamati · Membaca kisah kejatuhan insan dalam dosa · Membaca dongeng atau kisah tokoh-tokoh Nasrani atau tokoh Bibel yang bertobat Menanya · Menanyakan apa itu dosa · Menanyakan mengapa insan berdosa · Menanyakan apa itu bertobat · Menanyakan mengapa insan perlu bertobat Mengeksplorasi · Menggali ayat-ayat Bibel yang menceritakan perbuatan insan yang berdosa sehingga perlu bertobat misalnya: Kejadian 3, 4:1-16 · Menggali ayat-ayat Bibel terkena seruan untuk bertobat misalnya: Matius 4:17 atau Lukas 15:11-32 · Mendiskusikan perbuatan-perbuatan apa saja yang sanggup membuat insan berdosa · Membandingkan cara hidup insan yang berdosa dengan cara hidup manusia yang sudah bertobat Mengasosiasi · Menemukan makna pertobatan dalam korelasi dengan pengalaman eksklusif atau hidup orang lain. Mengomunikasikan · Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan tekad untuk bertobat · Menyanyikan lagu yang bertemakan pengukuhan dosa dan pertobatan, serta menuliskan pesan atau makna lagu tersebut | 1. Tes verbal dan tertulis tentang insan berdosa perlu bertobat 2. Penilaian diri (self assessment) dalam hal sikap hidup bertobat 3. Penugasan membuat puisi, doa atau karya-karya kreatif lainnya yang menyatakan tekad untuk bertobat | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas V 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.2 Menerima dan mensyukuri karya evakuasi Allah melalui Yesus Kristus 2.2 Membiasakan cara hidup orang bertobat yang sudah diselamatkan oleh Yesus Kristus 3.2 Memahami dan menunjukan karya evakuasi Allah melalui Yesus Kristus 4.2 Mempraktikkan cara hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan Allah dengan menyayangi sesama dan lingkungannya | Karya Penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus | Mengamati · Membaca kisah tentang evakuasi Allah melalui Yesus Kristus · Membaca kisah pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan insan berdosa Menanya · Menanyakan arti keselamatan · Menanyakan alasan Allah menyelamatkan manusia · Menanyakan mengapa Allah menyelamatkan insan melalui Yesus Kristus Mengeksplorasikan · Mendiskusikan mengapa insan berdosa membutuhkan Penyelamat · Menggali ayat-ayat Bibel yang menceritakan kisah pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan insan berdosa, misalnya: Markus 15:20b-40 Mengasosiasi · Menemukan arti keselamatan dari Allah bagi dirinya. Mengomunikasikan · Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan rasa syukur atas keselamatan dari Allah · Menyanyikan lagu yang bertemakan ucapan syukur atas keselamatan dari Allah dan menuliskan makna lagu tersebut. · Membuat sebuah proyek bersama yang mengatakan sikap menyayangi sesama dan lingkungan sebagai cara hidup orang yang sudah diselamatkan | 1. Tes verbal dan tertulis tentang karya evakuasi Allah 2. Unjuk karya membuat sebuah proyek bersama yang mengatakan sikap menyayangi sesama dan lingkungan sebagai cara hidup yang sudah diselamatkan 3. Penilaian diri (self assessment) terkena hidup yang sudah diselamatkan Allah 4. Penugasan membuat puisi atau doa tentang ucapan syukur sudah diselamatkan Allah | 9 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas V 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.3 Meyakini kiprah Roh Kudus dalam proses pertobatan 2.3 Menunjukkan kiprah Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan hidup menyayangi sesama 3.3 Memahami dan menerangkan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang yang sudah diselamatkan 4.3 Membuat karya-karya kreatif sebagai ungkapan syukur atas sumbangan Roh Kudus dalam hidup orang yang sudah diselamatkan | Peran Roh Kudus dalam Kehidupan | Mengamati · Membaca dongeng atau kesaksian yang mengatakan kiprah Roh Kudus dalam proses pertobatan seseorang · Membaca kisah-kisah tokoh Nasrani yang bertobat alasannya ialah sumbangan Roh Kudus Menanya · Menanyakan apa itu Roh Kudus · Menanyakan bagaimana Roh Kudus bekerja dalam proses pertobatan seseorang Mengeksplorasikan · Menggali teks-teks Bibel yang menceritakan kiprah Roh Kudus dalam kehidupan orang yang sudah diselamatkan, misalnya: Kisah Para Rasul 27:14-44, Yohguas 14:15-26, Roma 8:14-16 · Mendiskusikan cara Roh Kudus bekerja dalam kehidupan orang yang sudah diselamatkan Mengasosiasi · Menceritakan pengalaman eksklusif atau kesaksian orang lain yang menyatakan kiprah Roh Kudus sehingga mereka bertobat. · Menceritakan pengalaman eksklusif atau orang lain yang mencicipi sumbangan Roh Kudus dalam menjalani hidup setelah bertobat (diselamatkan) Mengomunikasikan · Menulis kesaksian, puisi, doa atau karya-karya kreatif yang menyatakan rasa syukur atas sumbangan Roh Kudus · Menyanyikan lagu yang bertemakan ucapan syukur atas sumbangan Roh Kudus dalam hidupnya dan menuliskan makna lagu tersebut. | 1. Tes verbal dan goresan pena tentang kiprah Roh Kudus dalam kehidupan. 2. Penilaian diri berupa refleksi tentang sumbangan Roh Kudus dalam kehidupan 3. Penugasan dengan membuat puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif lainnya yang menyatakan rasa syukur atas sumbangan Roh Kudus. | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum Pak 3. Buku Siswa PAK Kelas V 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.4 Menerima cara hidup insan gres sebagai sikap orang yang sudah bertobat 2.4 Menunjukkan sikap bertanggung tanggapan sebagai tanggapan insan berdosa yang sudah bertobat 3.4 Menceritakan pola cara hidup insan gres yang sudah bertobat 4.4 Mempraktikkan cara hidup insan gres dengan menjadi teladan bagi sesama | Teknik Hidup Manusia Baru | Mengamati · Membaca dongeng atau buku teks terkena cara hidup insan baru · Membaca kisah-kisah tokoh Nasrani yang bertobat dan menjadi teladan bagi sesama Menanya · Menanyakan apa artinya insan baru. · Menanyakan bagaimana cara hidup insan baru. Mengeksplorasikan · Menggali ayat-ayat Bibel yang memdiberi gosip terkena pola cara hidup insan baru, misalnya: Galatia 5:16-26, Efesus 5:1-21 · Mendiskusikan perbedaan cara hidup insan usang dengan cara hidup insan baru Mengasosiasi · Menceritakan pengalaman eksklusif atau kesaksian orang lain dihubungkan dengan cara hidup insan gres yang sudah bertobat Mengomunikasikan · Bermain drama atau bermain kiprah yang mengatakan cara hidup insan baru. · Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi sesama. · Menyanyikan lagu yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi sesama dan menuliskan pesan lagu tersebut. · Membuat sebuah proyek bersama yang mengatakan teladan bagi sesama. | 1. Tes verbal dan goresan pena tentang cara hidup insan baru. 2. Penilaian diri berupa refleksi tentang sikap hidup sebagai insan baru. 3. Unjuk karya dengan bermain drama atau bermain peran perihal cara hidup insan baru. 4. Penugasan: menciptakan puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif lainnya, yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi sesama; serta membuat suatu proyek bersama yang mengatakan teladan bagi sesama. | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas V 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : VI (Enam)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, guru dan tetangganya serta cinta tanah air |
KI 3 | : | Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. |
KI 4 | : | Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Meyakini ibadah yang berkenan kepada Allah. 2.1 Mengembangkan sikap diberibadah yang berkenan kepada Allah. 3.1 Memahami arti ibadah yang diperkenan Allah. 4.1 Melakukan ibadah yang berkenan kepada Allah. | Ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Ibadah yang berkenan kepada Allah | Mengamati · Mengamati bentuk-bentuk ibadah yang dilakukan oleh banyak sekali pemeluk agama. Menanya · Menanyakan mengapa orang perlu diberibadah. Mengeksplorasi · Mencari makna ibadah dari Bibel dan banyak sekali sumber. · Diskusi kelompok tentang alasan orang Nasrani diberibadah kepada Tuhan Allah yang diimaninya. · Mengeksplorasi Kitab Amos dan Yeremia terkena Ibadah yang berkenan kepada Allah. Mengasosiasi · Menghungkan makna ibadah dengan pengalamannya diberibadah selama ini. Mengomunikasikan · Menceritakan pengalaman ketika mengikuti ibadah di sekolah Minggu maupun gereja: bagaimana suasana, apa yang dirasakan, siapa saja yang terlibat, dsb. · Mempresentasikan hasil diskusi tentang alasan orang Nasrani diberibadah. · Menulis refleksi atau puisi terkena makna ibadah bagi dirinya. | 1. Tes verbal dan goresan pena tentang mengapa orang perlu diberibadah dan makna ibadah. 2. Penugasan mengamati apa saja bentuk ibadah yang dilakukan oleh banyak sekali pemeluk agama. 3. Penilaian diri berupa refleksi tentang makna ibadah bagi dirinya. 4. Hasil karya berupa puisi tentang makna ibadah. | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas VI 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.2. Mengakui pentingnya menjalin korelasi dekat dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah. 2.2. Memiliki hubungan dekat dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah. 3.2. Memahami pentingnya menjalin korelasi dekat dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah. 4.2. Membiasakan diri diberibadah dengan cara mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab. | Aku setia diberibadah | Mengamati · Mengamati unsur-unsur ibadah dan berbagai bentuk liturgi dalam ibadah. Menanya · Menanyakan apa saja unsur-unsur dalam ibadah Kristiani: di ibadah Minggu pada hari Minggu biasa, ibadah Perjamuan Kudus, Minggu Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus ke nirwana dan Pentakosta. Mengeksplorasi · Membuat daftar terkena aktivitasnya dalam mengikuti ibadah di sekolah Minggu, di gereja maupun di sekolah. · Mengeksplorasi makna ibadah khusus gerejawi: Perjamuan Kudus, Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus ke surga, dan Pentakosta dari banyak sekali sumber. · Mengkaji doa Bapa Kami untuk menemukan unsur-unsur dalam doa. Mengasosiasi · Menghubungkan makna ibadah dengan perintah Allah dalam Keluaran 20: 3 – 10, dan Matius 22: 37 – 38. Mengomunikasikan · Mempresentasikan hasil eksplorasi terkena unsur-unsur dalam ibadah dan bentuk-bentuk liturgi, dan makna ibadah khusus. · Menceritakan tentang pengalaman membangun korelasi dengan Allah: Apakah mereka menyediakan waktu secara khusus untuk berdoa dan membaca Alkitab? · Menyusun doa permintaan kepada Tuhan Allah biar menolong dirinya setia diberibadah dan bersekutu dengan saudara-saudara seiman. | 1. Tes verbal dan goresan pena tentang unsur-unsur penting dalam ibadah hari Minggu dan ibadah pada hari-hari raya gerejawi dan tentang unsur-unsur dalam Doa Bapa Kami. 2. Penugasan tentang makna ibadah (boleh pilih salah satu): Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus, Pentakosta. 3. Penilaian diri tentang pengalamannya diberibadah, apakah mengatakan ketekunan dan kerinduan membangun korelasi dekat dengan Tuhan. 4. Hasil karya berupa doa, puisi, gambar, poster, dsb. tentang makna ibadah sebagai wujud membangun korelasi yang dekat dengan Tuhan dan sesama secara terus menerus. | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas VI 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.3. Meyakini peluang melayani sesama sebagai ibadah kepada Allah. 2.3. Memiliki sikap melayani sesama sebagai salah satu ungkapan ibadah kepada Allah. 3.3.1 Menceritakan ibadah yang berkenan kepada Allah dengan mengacu pada Amos 5: 21-27. 3.3.2 Menjelaskan keterkaitan diberibadah kepada Allah dengan melayani sesama 4.3 Melayani sesama sebagai salah satu ungkapan ibadah kepada Allah | Melayani sesama sebagai wujud Ibadah kepada Allah | Mengamati · Mengamati perbuatan “melayani” yang pernah dilakukannya di rumah, di sekolah dan di gereja atau Sekolah Minggu. Menanya · Menanyakan arti “melayani.” · Menanyakan kaitan antara “melayani” dengan “ibadah.” Mengeksplorasi · Mengeksplorasi Kitab Amos 5:21-27 terkena arti ibadah yang berkenan kepada Allah. · Melakukan wawancara dengan dua orang aktivis/pelayan di gereja, menanyakan alasan mereka “melayani” di gereja, dan apa saja persiapan yang dilakukan untuk “melayani.” · Mengkaji dari banyak sekali sumber tentang arti “melayani.” Mengasosiasi · Mencari korelasi antara melayani dengan ibadah. Mengomunikasikan · Menceritakan perbuatan “melayani” yang pernah dilakukannya di rumah, di sekolah dan di gereja atau Sekolah Minggu. · Melaporkan hasil wawancaranya terhadap dua orang aktivis/pelayan. · Melaporkan hasil kajian tentang ibadah yang berkenan kepada Allah. · Menulis puisi tentang “melayani sesama sebagai ibadah.” | 1. Tes verbal dan goresan pena tentang arti “melayani” dan kaitan antara “melayani” dengan “ibadah.” 2. Penugasan: melaksanakan wawancara terhadap dua aktivis/pelayan di gerejanya, tentang arti “melayani” berdasarkan mereka. 3. Penilaian diri tentang apa saja bentuk-bentuk “melayani” yang pernah dilakukannya. 4. Hasil karya berupa kajian tentang arti “ibadah yang diperkenan Allah” yang diperolehnya dari banyak sekali sumber. Karya-karya lainnya boleh berupa goresan pena hasil refleksi, atau puisi, lirik lagu, yang meliputi tentang kerinduan diberibadah, atau ibadah yang diperkenan Allah, atau tentang melayani sesama. | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas VI 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
1.4. Meyakini seluruh hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan 2.4 Menunjukkan sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan 3.4 Memahami sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan 4.4 Mengekspresikan sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan | Ibadah Yang Sejati | Mengamati · Mengamati tentang ibadah yang “sejati.” Menanya · Menanyakan beda antara ibadah “sejati” dengan ibadah yang “tidak sejati.” Mengeksplorasi · Mengeksplorasi tentang arti ibadah yang “sejati.” · Mengkaji apakah selama ini mereka sudah melaksanakan ibadah yang “sejati” dalam hidupnya. · Mengeksplorasi “ibadah sejati” sebagai ekspresi hidup orang diberiman. · Menuliskan banyak sekali bentuk “ibadah yang sejati” yang sanggup dilakukan di rumah, di sekolah maupun di gereja. Mengomunikasikan · Melaporkan hasil kajian terkena ibadah yang sejati sebagai ekspresi hidup orang diberiman. · Melaporkan rencana untuk meningkatkan kualitas ibadahnya dalam tiga bulan ke depan. | 1. Tes verbal dan goresan pena tentang perbedaan antara ibadah “sejati” dan ibadah “tidak sejati.” 2. Penugasan: membuat laporan tentang apa saja bentuk-bentuk dan makna ibadah “sejati’” 3. Penilaian diri tentang apakah ia sudah melaksanakan ibadah “sejati.” 4. Hasil karya berupa rencana untuk meningkatkan kualitas ibadahnya dalam tiga bulan ke depan. Karya-karya lainnya boleh berupa goresan pena hasil refleksi, atau puisi, lirik lagu, yang meliputi tentang makna ibadah yang sejati. | 8 mg x 4 jp | 1. Alkitab 2. Standar Isi Kurikulum PAK 3. Buku Siswa PAK Kelas VI 4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI 5. Konkordansi Alkitab 6. Buku sumber lainnya |
0 Response to "Silabus Sd Agama Kristen 1 2 3 4 5 6"
Posting Komentar