Rpp Sd Agama Kristen Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD .......................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama ……………..
Kelas/Semester : 1/1
Materi Pokok : SAYA MEMILIKI MACAM-MACAM ANGGOTA TUBUH
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 | 1.1 Mensyukuri identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah 2.1 Santun dan percaya diri terhadap identitasnya | 1.1.1 Menyadari dirinya sebagai pemdiberian dari Tuhan lewat nyanyian yang bertemakan Anggota tubuh. 2.1.1 Membangun kepercayaan diri dengan memperunjukan anggota tubuhnya |
| 3.1 Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya 4.1. Mengungkapkan rasa syukur melalui doa atas anugerah identitas dirinya yang khas | 3.1.1 Mengenal dirinya yang khas sebagai anugerah dari Allah, lewat bermain peran 4.1.1 Membuat doa syukur atas anggota tubuh yang dianugerahkan Tuhan |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Sesudah mengikuti serangkaian pembelajaran, penerima didik dapat:
- Mensyukuri identitas dirinya sebagai suatu anugerah dari Tuhan
- Menuliskan nama-nama tiruana nggota tubuh yang dimiliki
- Menjelaskan bahwa seluruh anggota tubuh adalah ciptaan Tuhan
- Menggambar anggota tubuh manusia.
- Mengucapkan doa syukur karena Tuhan mengaruniakan anggota tubuh.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Anggota Tubuh manusia
E. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanyajawaban
- Cerita
- Pemdiberian Tugas
- Sosiodrama
F. SUMBER BELAJAR
· Alkitab Kej 1:26-27.
· Cerita wacana kesombongan anggota tubuh, contohnya dongeng “Tangan yang
Sombong.”
· Menyanyikan lagu wacana anggota tubuh, contohnya lagu “Anggota Tubuhku”
Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus. Menjadi Murid Yesus. Pendidikan Agama Nasrani SD Kelas 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas I, Kanisius, Yogyakarta, 2004.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
· Gambar Anggota tubuh.
· Peserta didik dan guru.
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.Penlampauan (10 menit )
a. Berdoa
Doa pembuka pelajaran:
Tuhan Bapa di surga. Kami haturkan selamat pagi kepada-Mu. Terima kasih ya Bapa, Engkau sudah menyertai kami satu persatu ke sekolah ini. Berkatilah kami tiruana yang di kelas ini. Supaya dengan berkatMU dan penyertaanMU kami boleh berguru sungguh-sungguh. Sekarang dan selama-lamanya. Amin
2. Apersepsi: Guru mempersembahkan pertanyaan wacana anggota tubuh
- Siapa sajakah yang tinggal bersamamu di rumah? (mama,papa,adik,kakak,opa,nenek)
- Ada berapa orang tiruananya? (sesuai jawabanan anak a.l. 6)
- Kalau engkau badung apakah bapak/ibu memarahi engkau? ( ya)
- Saat bapak/ibu menyapa, mengeluarkan kata-kata pakai apa? (mulut)
Memdiberikan penegasan perihal anggota yang tinggal di rumah, a.l:
Anak-anak tinggal di rumah tentu bersama bapak, ibu, kakak, adik dan opa atupun oma. Mereka tiruana adalah anggota keluarga. Kalau dihiutung tiruana ± ada 6 anggota keluarga.
3. Guru mengajak penerima didik masing-masing untuk menerangkan salah satu angota tubuhnya.
2. Kegiatan inti (25 menit)
a. Mengamati
- Peserta didik tolong-menolong mengamati gambar anggota badan yang disediakan oleh guru.

b. Menanya
- Peserta didik diminta saling bertanya dengan mitra sebangku secara bergantian wacana nama dan fungsi anggota badan yang dimiliki
c. Mengumpulkan data
- Peserta didik diminta menuliskan masing-masing nama anggota tubuhnya dan fungsinya masing-masing
- Peserta didik diminta mendengarkan dongeng wacana tangan yang sombong
TANGAN YANG SOMBONG
Pada suatu hari kedua tangan berkata ”Akulah yang paling berjasa diantara anggota tubuh. Jika mau mengambil sesuatu niscaya minta tolong padaku. Apalagi kalau mau makan, tentulah saya yang memasukan masakan ke mulut.” kemudian, si ekspresi menyahut, ”Apa katamu, hai tangan yang sombong ? Biarpun engkau mengaku berjasa, tetapi bila tidak ada saya si ekspresi mungil ini, mana sanggup masakan itu masuk ke perut! Karena itu akupun berjasa pula.” Kedua kaki pun tidak ketinggalan dan berkata engkau tiruana tidak sanggup pergi kemana-mana bila kedua kaki sedang sakit dan tidak sanggup berjalan. Sebab spesialuntuk dengan kedua kaki engkau sanggup ke sekolah, ke pasar, dan melompat-lompat. Aku juga berjasa!
Mendengar itu tiruana, kedua matapun ikut-ikutan berkata,”Hai kawan-kawan, tangan, mulut, dan kaki. Kamu tiruana harus ingat . engkau tidak sanggup pergi kemanapun bila tidak mempunyai kedua mata. Walaupun sanggup makan, berjalan, dan memgang sesuatu, tetapi engkau sanggup masuk lobang bila tidak kutolong dengan kedua mata.
Mendramatisasikan peranan Kaki, Tangan, Mulut dan Mata. Guru menunjuk 4 anakdidik untuk mengucapkan kalimat-kalimat peran Tangan, Mulut, Kaki dan Mata.

![]() |
(sambil mengangkat kedua tangan) ”Aku adalah tangan. Akulah yang paling berjasa. Sebab spesialuntuk melalui akulah makanan
masuk masuk ke mulut.”


”Hai, tangan yang sombong, tidakbolehlah mengira engkau yang ber- berjasa jasa! Lihat, (sambil menunjuk mulutnya) akulah yang berjasa .
Sebab melalui mulut, masakan dapat masuk ke dalam perut!”


Berjasa. Ingat, spesialuntuk dengan kaki engkau bisa ke sekolah
Dan bermain. Kalau kaki sakit, engkau tidak bisa pergi ke
mana-mana . Jadi, akulah yang berjasa. Ha, ha, ha... (sambil
berjingkat-jingkrat).


hai mulut, dan hai engkau kaki! Jaangan sok sombong, ya!
Biar punya tan gan, biar punya mulut, biar kaki, tetapi jika
Tidak punya mata, engkau tidak dapat kemana-mana. Kamu
Dapat masuk lobang karena tidak bisa melihat. Jadi, akulah
Yang berjasa.”
d. Mengasosiasi
- Peserta didik diminta bekerja sama membuat kesimpulan wacana nama dan fungsi anggota tubuh
- Peserta didik diajak mendiskusikan arti anggota badan sebagai anugerah dari Tuhan
e. Mengomunikasi
- Peserta didik diminta menemukan fungsi dari masing-masing anggota badan dengan maju di depan kelas secara bergantian sesuai isyarat Guru.
“Hati-hati gunakan anggota tubuh”
1. Mata
Hati-hati gunakan matamu
Hati-hati gunakan matamu
Karena Bapak di Surga melihat penuh cinta
Hati-hati gunakan matamu
2. Mulut
3. Tangan
4. Kaki
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mendapatkan kiprah Guru untuk menggambar salah anggota tubuh dan menuliskan fungsinya
b. Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
Menyanyikan Lagu anggota tubuhku.
“Hati-hati gunakan anggota tubuh”
1. Mata
Hati-hati gunakan matamu
Hati-hati gunakan matamu
Karena Bapak di Surga melihat penuh cinta
Hati-hati gunakan matamu
2. Mulut
3. Tangan
4. Kaki
c. Berdoa bersama dipimpin penerima didik sebagai ucapan terimakasih kepada Allah.
Tuhan Allah yang maha baik, kami bersyukur dan berterimakasih kepadaMU, sebab Engkau sudah memdiberi kepada kami anggota badan sebagai anugerah dari MU. Semoga kami sanggup mengunakan masing-masing anggota badan kami dengan baik sesuai dengan kehendakMU, demi kemuliaan namaMU. Amin.
I. Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
No | Sikap/nilai | Butir Instrumen |
1 | Berdoa mandiri | Buatlah sebuah doa undangan syukur atas anugerah Tuhan melalui anggota badan yang didiberikan |
2 | Kreativitas | Sebutkan nama dan fungsi anggota badan yang dimiliki oleh mitra sebangkumu |
3 | Bertanggung jawaban | Menyebut anggota tbuh dan fungsinya |
Instrumen : lihat Lampiran 2
2. Sikap social
a. Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar kawan)
b. Bentuk Instrumen : Daftar Pernyataan
c. Kisi-kisi :
No | Sikap/nilai | Butir Instrumen |
1 | Kerjasama | Mau mendengarkan mitra sebangku |
2 | Kedisiplinan | Senantiasa berdoa sebelum memulai pembelajaran |
3 | Tanggung Jawab | Menolong mitra yang membutuhkan menolongan, misalnya yang sakit, atau yang haus, dan juga yang lapar. |
Instrumen : lihat Lampiran 2
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen: Uraian
c. Kisi-kisi :
No | Indikator | Butir Instrumen |
1 | Mengetahui Nama anggota tubuh | Sebutkan nama anggota badan sesuai gambar yang ditunjukkan oleh guru |
2 | Mengerti fungsi anggota tubuh | Jelaskan Fungsi masing-masing anggota tubuh |
| | |
Instrumen : lihat Lampiran 1
4. Ketrampilan
a. Teknik Penilaian : Penilaian
b. Bentuk Instrumen:
c. Kisi-kisi :
No | Keterampilan | Butir Instrumen |
1 | Mempraktikkan nilai tanggung jawaban | Praktikkan sikap tanggungjawaban penerapan anggota badan sebagai bentuk respons |
Instrumen : lihat lampiran
Kota, tanggal 2014 Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nama Kepala Sekolah Nama Guru Pengajar
Lampiran 1: Intrumen Penilaian
Nama : ……..
Kelas : ……..
No | Instrumen | Kunci Jawaban |
1. | Sebutkan penggalan anggota badan yang dimiliki | Bagian anggota badan yang dimiliki antara lain: mata, hidung, telinga, tangan, mulut, dan kaki |
2. | Jelaskan fungsinya | Mata untuk melihat yang baik, hidung untuk mencium, indera pendengaran untuk mendengar, ekspresi untuk berbicara dan kaki untuk berjalan |
Lampiran 2: Rubrik Penilaian
misal Penilaian Kualitatif :
No | Nama Peserta didik | Aspek yang nilai | Skor | N | K | |||||||
Berdoa Mandiri | Tanggung Jawab | |||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||||
1 | Alicia Pentury | | | | | | | | | | | |
2 | Amatus Resubun | | | | | | | | | | | |
3 | Dave A. Sitania | | | | | | | | | | | |
4 | Elis D. Filomena | | | | | | | | | | | |
5 | Filadelphia Lasol | | | | | | | | | | | |
6 | Gabriel Saparugua | | | | | | | | | | | |
7 | Ivander Choesni | | | | | | | | | | | |
8 | Jevandri Eirumkuy | | | | | | | | | | | |
9 | Kristo Bahy | | | | | | | | | | | |
10 | Robby Lumitihunisa | | | | | | | | | | | |
11 | Virginia Apitula | | | | | | | | | | | |
12 | Winnerman Job Sesa | | | | | | | | | | | |
Keterangan :
1. Masing-masing indikator evaluasi di atas mempunyai bobot sebagai diberikut
a. SB (Sangat Baik) dengan nilai 4
b. B (Baik) dengan nilai 3
c. C (Cukup) dengan nilai 2
d. K (Kurang) dengan nilai 1
2. Rentang nilai
Jumlah skor | Nilai | Kriteria |
8 | 100 | (A) Sangat Baik |
7 | 87,5 | (B) Baik |
6 | 75 | (C) Cukup |
< 5 | 0-65 | (D) Kurang |
Rumus Penilaian:
Nilai = Jumlah skor x 100
Skor terbaik
misal:
Nilai = 7 x 100
8
Nilai = 87.5 è B
Piru, 24 April 2014
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU MATA PELAJARAN
Sr. Anastasia Ninda Mila JMJ. S.Pd Sr. Anastasia Ninda Mila JMJ. S.Pd
0 Response to "Rpp Sd Agama Kristen Kurikulum 2013"
Posting Komentar