Kompetensi Inti Dan Dasar Agama Kristen Sma/K Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI DAN DASAR SMA/K AGAMA KRISTEN KURIKULUM 2013
Struktur kelompok mata pelajaran wajib dalam kurikulum SMA/MA yakni sebagai diberikut:
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU | |||
X | XI | XII | ||
Kelompok A (Wajib) | ||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 |
6. | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 |
Kelompok B (Wajib) | ||||
7. | Seni Budaya (termasuk muatan lokal)* | 2 | 2 | 2 |
8. | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (termasuk muatan lokal) | 3 | 3 | 3 |
9. | Prakarya dan Kewirausahaan (termasuk muatan lokal) | 2 | 2 | 2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu | 24 | 24 | 24 | |
Kelompok C (Peminatan) | ||||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik (SMA/MA) | 18 | 20 | 20 | |
Jumlah Jam Pelajaran Yang harus Ditempuh per minggu | 42 | 44 | 44 |
Keterangan:
*Muatan lokal sanggup memuat Bahasa Daerah
Kelompok Mata Pelajaran Peminatan
Kelompok mata pelajaran peminatan bertujuan (1) untuk mempersembahkan peluang kepada akseptor didik menyebarkan minatnya dalam sekelompok mata pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di sekolah tinggi tinggi, dan (2) untuk menyebarkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau keterampilan tertentu.
Struktur mata pelajaran peminatan dalam kurikulum SMA/MA yakni sebagai diberikut:
MATA PELAJARAN | Kelas | ||||
X | XI | XII | |||
Kelompok A dan B (Wajib) | 24 | 24 | 24 | ||
C. Kelompok Peminatan | |||||
Peminatan Matematika dan Sains | |||||
I | 1 | Matematika | 3 | 4 | 4 |
2 | Biologi | 3 | 4 | 4 | |
3 | Fisika | 3 | 4 | 4 | |
4 | Kimia | 3 | 4 | 4 | |
Peminatan Sosial | |||||
II | 1 | Geografi | 3 | 4 | 4 |
2 | Sejarah | 3 | 4 | 4 | |
3 | Sosialogi & Antropologi | 3 | 4 | 4 | |
4 | Ekonomi | 3 | 4 | 4 | |
Peminatan Bahasa | |||||
III | 1 | Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | 4 | 4 |
2 | Bahasa dan Sastra Inggris | 3 | 4 | 4 | |
3 | Bahasa dan Sastra Asing Lainnya | 3 | 4 | 4 | |
4 | Antropologi | 3 | 4 | 4 | |
Mata Pelajaran Pilihan dan Pendalaman | |||||
Pilihan Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat | 6 | 4 | 4 | ||
Jumlah Jam Pelajaran Yang Tersedia per minggu | 66 | 76 | 76 | ||
Jumlah Jam Pelajaran Yang harus Ditempuh per minggu | 42 | 44 | 44 |
BEBAN BELAJAR
Dalam struktur kurikulum SMA/MA ada penambahan jam mencar ilmu per ahad sebesar 4-6 jam sehingga untuk kelas X bertambah dari 38 jam menjadi 42 jam belajar, dan untuk kelas XI dan XII bertambah dari 38 jam menjadi 44 jam belajar. Sedangkan usang mencar ilmu untuk setiap jam mencar ilmu yakni 45 menit.
melaluiataubersamaini adanya komplemen jam mencar ilmu ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru mempunyai keleluasaan waktu untuk menyebarkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian gosip alasannya yakni akseptor didik perlu tes untuk melaksanakan mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon akseptor didik alasannya yakni mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam mencar ilmu memungkinkan guru melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
KELAS X
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghayati dirinya sebagai eksklusif cukup umur dengan rujukan pikir yang komprehensif |
2. Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan mengambarkan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | 2.1 Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sosial |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah | 3.1 Mendalami makna Allah sebagai Pembaru kehidupan insan dan alam 3.2 Menjelaskan makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | 4.1 Meneliti serpihan Bibel yang berbicara terkena tugas Roh Kudus dalam membarui kehidupan orang diberiman |
KELAS XI
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menghayati dan mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam menghadapi gaya hidup modern | |
2. Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan mengatakan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | 2.1 Bersikap kritis dalam menghadapi perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekonologi dengan mengacu pada Alkitab | |
3. Memahami, menerapkan, dan menerangkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah | 3.1 Mengidentifikasi banyak sekali pergumulan dalam keluarga yang dipengaruhi oleh modernisasi 3.2 Menjelaskan tugas keluarga dan sekolah sebagai forum pendidikan | |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | 4.1 Menalar tugas masyarakat dan media dalam pendidikan |
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Mengamalkan nilai-nilai HAM |
2. Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), mengatakan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai biro transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia | 2.1 Mengembangkan sikap dan sikap yang menghargai kemajemukan dan multikulturalisme |
3. Memahami, menerapkan, dan menerangkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah | 3. 1 Memahami nilai-nilai demokrasi dari banyak sekali sumber dan kasus yang terjadi pada aras lokal dan global |
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | 4.1 Menalar dan mewujudkan kiprahnya sebagai pembawa tenang sejahtera dalam kehidupan sehari-hari |
0 Response to "Kompetensi Inti Dan Dasar Agama Kristen Sma/K Kurikulum 2013"
Posting Komentar