Kompetensi Inti Dan Dasar Smp Agama Kristen Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI DAN DASAR AGAMA KRISTEN SMP
KURIKULUM 2013
Struktur Kurikulum SMP/MTs yaitu sebagai diberikut:
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU | |||
VII | VIII | IX | ||
Kelompok A | ||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | 3 | 3 | 3 |
3. | Bahasa Indonesia | 6 | 6 | 6 |
4. | Matematika | 5 | 5 | 5 |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam | 5 | 5 | 5 |
6. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
7. | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
Kelompok B | ||||
1. | Seni Budaya (termasuk muatan lokal)* | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan(termasuk muatan lokal) | 3 | 3 | 3 |
3. | Prakarya(termasuk muatan lokal) | 2 | 2 | 2 |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 38 | 38 | 38 |
Keterangan:
*Muatan lokal sanggup memuat Bahasa Daerah
Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- OSIS
- UKS
- PMR
Kelompok A yaitu mata pelajaran yang mempersembahkan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B yaitu mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang diadaptasi dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.
IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung balasan terhadap lingkungan sosial dan alam.Disamping itu, tujuan pendidikan IPS menekankan pada pengetahuan wacana bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta acara masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah NKRI. IPA juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan aneka macam keunggulan wilayah nusantara.
BEBAN BELAJAR
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam berguru per ahad dari tiruanla 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan usang berguru untuk setiap jam berguru di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
melaluiataubersamaini adanya komplemen jam berguru ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru mempunyai keleluasaan waktu untuk menyebarkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian gosip alasannya akseptor didik perlu tes untuk melaksanakan pengamatan, menanya, asosiasi, dan komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon akseptor didik alasannya mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam berguru memungkinkan guru melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
KELAS VII
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menerima spesialuntuk Allah yang sanggup mengampuni dan menyelamatkan insan melalui karya evakuasi Yesus Kristus |
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 Mengembangkan sikap kepedulian dan solidaritas 2.2 Menerapkan sikap rendah hati berdasarkan rujukan Yesus 2.3 Membangun kebiasaan hidup disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Firman Tuhan |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap insan dan alam lebih besar lengan berkuasa daripada kecenderungan insan untuk merusaknya |
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 Mengekspresikan nilai-nilai Kristiani melalui komik, dongeng bergambar, puisi, atau karya seni lainnya 4.2 Menceritakan kepada orang lain wacana pengalaman ditolong (story telling) |
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Menerima dan menanggapi makna hidup diberiman dan berpengharapan 1.2 Menerima tugas Roh Kudus dalam proses hidup diberiman |
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 Menunjukkan sikap setia kepada Tuhan dan sesama sebagai wujud hidup bersyukur 2.2 Menunjukkan sikap rela berkorban menyerupai yang diajarkan Tuhan Yesus |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Memahami dan bisa pertanda makna hidup bersyukur sebagai orang yang diberiman |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 Menerapkan sikap hidup diberiman dan berpengharapan melalui ibadah, doa, dan membaca Alkitab |
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menerima karya Allah dalam pertumbuhan gereja dan aneka macam pergumulannya |
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 Memahami dan menunjukkan sikap toleransi antarumat beragama sesuai dengan anutan Tuhan Yesus |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Menjelaskan aneka macam bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini 3.2 Menjelaskan bentuk sikap bertanggung balasan terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 Mewujudkan sikap-sikap tanggung balasan terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat 4.2 Menerapkan kiprahnya sebagai anggota gereja dan masyarakat |
0 Response to "Kompetensi Inti Dan Dasar Smp Agama Kristen Kurikulum 2013"
Posting Komentar